oleh

Puasa, Tapi Berat Badan Malah Bertambah, Ini Sebabnya

-Life Style-954 views

Kurang Olahraga

Nggak dipungkiri jika puasa tubuh jadi mudah lemas saat melakukan aktivitas. Nah kamu jadi malas untuk sekdar melakukan aktifitas fisik seperti olahraga. Belum lagi, hawa ngantuk yang sering melanda jadi membuat waktu tidur juga bertambah di siang hari.

Padahal tanpa aktivitas fisik, tubuh akan lebih sulit mengontrol berat badan. Jika mengonsumsi kalori yang berlebih selama berbuka dan sahur maka kalori berlebih tersebut akan tersimpan dan meningkatkan berat badan.

Namun dengan aktivitas fisik, kalori berlebih akan dimetabolisme sehingga mengurangi kalori yang tersimpan. Itu sebabnya selama puasa kamu juga perlu untuk melakukan aktivitas fisik yang memungkinkan kamu tetap bergerak.

Kurang Tidur

Berbagai penelitian menyatakan bahwa orang yang kurang tidur cenderung mengalami kelebihan berat badan dibandingkan dengan orang yang tidurnya cukup. Ketika seseorang mengalami gangguan tidur, hal ini berpengaruh terhadap hormon yang mengatur metabolisme tubuh dan kontrol nafsu makan yaitu hormon leptin.

Hormon leptin ini berfungsi untuk menghasilkan rasa lapar serta membantu mengatur nafsu makan seseorang. Nah ketika hormon leptin seseorang terlalu tinggi maka tubuhnya akan mengalami gangguan terhadap persepsi rasa kenyang.

Tubuh mereka akan terus merasa lapar walaupun telah makan banyak. Akibatnya kamu jadi sering ngemil terutama di malam hari sebelum tidur.

Langsung Tidur Setelah Sahur

Banyak orang memilih melanjutkan tidurnya setelah makan sahur sebelum memulai aktivitas. Padahal tidur setelah makan memiliki beberapa efek negatif bagi kesehatan tubuh baik jangka pendek maupun jangka panjang.

Apabila tidur di bawah 2 jam setelah makan, saluran pencernaan belum sempat menggiling makanan yang kamu konsumsi sebelum tidur. Hal ini akan menyebabkan gangguan saluran pencernaan dan penyerapan nutrisi di dalam tubuh.

Hasil akhirnya, makanan yang dimakan tidak mampu menghasilkan energi yang dibutuhkan oleh tubuh dan justru malah menumpuk di dalam tubuh sehingga menimbulkan lemak.

Nah sudah tahukan kenapa bulan ramadan ini berat badan kamu bertambah. Meski puasa tinggal beberapa hari aja, pantang lakukan hal-hal di atas ya biar beratnya nggak makin bertambah.

sumber : wowkeren.com

9c5e1ac2-841b-4700-b2b6-f109e3da7f97

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

News Feed