Safari Ramadan di Kecamatan Sombaopu, Adnan Purichta Ichsan Disambut Meriah Warga

GOWA, BERITA-SULSEL.COM – Kedatangan Bupati Gowa Adnan Purichta Ichsan bersama rombongan Safari Ramadhan Pemkab Gowa di Lapangan BSP, Lingkungan Borongraukang, Kelurahan Samata, Kecamatan Sombaopu, Senin (13/5/2019) disambut antusias oleh masyarakat.

Rombongan ini pun disambut langsung tokoh masyarakat, tokoh agama, Karang Taruna Kelurahan Samata, hingga ibu-ibu rumah tangga.


Dalam kesempatan tersebut Bupati Adnan didampingi Kejari Gowa Muhammad Basjar Rifai, Dandim 1409 Gowa Letkol Inf Nursubekhi dan pimpinan SKPD lingkup Pemkab Gowa. Turut hadir pula Ketua Majelis Ulama Indonesia (MUI) Gowa Abubakar Paka.

“Hari ini saya sangat bahagia dan bangga atas sambutan dari masyarakat Sombaopu ini. Ini adalah sambutan yang paling meriah sepanjang kami melaksanakan safari ramadhan di 8 kecamatan,” ungkap Bupati Adnan.

Menurutnya, Ramadhan adalah momen yang paling tepat untuk introspeksi diri. Jika ada ibadah yang dirasakan kurang di bulan sebelumnya, maka diperbaiki bersama-sama.

“Mari kita memperbaiki dan meningkatkan segala ibadah-ibadah kita jika dibandingkan di bulan sebelumnya,” ujarnya.

Lanjut Bupati Adnan, Safari Ramadhan tiap tahun dilaksanakan dengan berkeliling ke kelurahan hingga desa ke desa di 18 kecantikan di wilayah Kabupaten Gowa.

“Ini adalah silaturahmi yang dilakukan pemerintah daerah bersama masyarakat agar semakin mempererat emosional dan semakin kompak. Karena masyarakat dan pemerintah adalah satu kesatuan yang tidak dapat dipisahkan untuk kemajuan daerah,” terangnya.

Sementara, dalam rangka mendorong kemajuan pembangunan secara merata di setiap daerah Pemkab Gowa telah menganggarkan untuk membangun berbagai sarana dan prasarana. Misalnya di Kecamatan Sombaopu akan dibangun pedestrian hijau, revitalisasi Museum Balla Lompoa dan Istana Balla Lompoa, RTH Lapangan Discovery Syekh Yusur.

Salah satu warga Lingkungan Borongraukang Rosita (37) mengaku sangat senang dapat bertemu langsung pemimpin daerahnya.

“Ini pertama kali saya bertemu Bapak Bupati Gowa. Memang sudah lama sekali mau ketemu langsung bapak bupati” ujarnya.

Safari Ramadhan dihari keempat ini dilaksanakan di dua lokasi, yakni di Kecamatan Sombaopu sebagai lokasi buka puasa dan Kampung Beru, Desa Nirannuang, Kecamatan Bontomarannu tepatnya di Masjid Nurul Jannah sebagai lokasi shalat tarawih berjamaah. Di lokasi ini pula Bupati Adnan bersama rombongan mendapat sambutan meriah dari jamaah masjid.

Sekretaris Umum MUI Gowa Usatd Risal Sulaiman saat memberikan ceramah tarawih menyampaikan hakikat perintah puasa Ramadhan. Yang mana diwajibkan atas kalian (umat muslim) untuk berpuasa, sebagai mana yang telah diwajibkan atas manusia sebelum kalian.

“Jadi selain umat muslim agama lainnya baik Yahudi maupun Nasrani semuanya berpuasa. Hanya saja ibadah-ibadah yang dilakukan berbeda saat berpuasa, seperti orang Yahudi dan Nasrani tidak melakukan sahur saat berpuasa, berbeda kita diwajibkan untuk sahur,” ujarnya.

Hal lainnya yakni pada saat berbuka puasa. Umat Nasrani dan Yahudi melakukan buka puasa ketika telah melihat bintang atau sekitar pukul 9 malam, berbeda dengan umat muslim mereka berbuka di saat terbenam fajar.

Di kesempatan yang sama Wakil Bupati Gowa Abd. Rauf Malaganni memimpin Safari Ramadhan keempat di Kecamatan Bungaya. (CH)

Comment