Begini Cara Dinsos Sulsel Cegah Terorisme di Masyarakat

MAKASSAR, BERITA-SULSEL.COM – Penanganan terorisme di Sulawesi Selatan, Dinas Sosial Provinsi Sulsel memiliki peran dalam rangka mencegah munculnya paham-paham radikal di masyarakat.

Hal ini dikemukakan Kepala Dinas Sosial Provinsi Sulsel, Ilham A Gazaling pada kegiatan silaturahmi dan dialog Wawasan Kebangsaan Bersama Subdit Bina Masyarakat Badan Nasional Penanggulangan Terorisme (BNPT), Kamis (16/5/2019).


Ilham menjelaskan, salah satu upaya pencegahan yang dilakukan pihaknya melalui peningkatan pengetahuan bagi generasi muda tentang paham nasionalisme.

Menurut Ilham, munculnya paham terorisme salah satunya tergerusnya nilai-nilai nasionalisme di masyarakat. Salah satu upaya yang dilakukan oleh Dinas Sosial Provinsi Sulsel untuk melakukan pencegahan adalah dengan menggelar olimpiade kepahlawanan.

“Melalui kegiatan ini, kita harapkan bisa meningkatkan nilai-nilai nasionalisme di masyarakat, khususnya pada generasi muda. Dengan begitu, diharapkan dapat menangkal paham-paham radikal yang bisa menggerus nilai-nilai keberagaman yang telah kita pelihara selama ini,” jelasnya.

Selain itu, lanjut Ilham, upaya lain yang juga dilakukan oleh Dinas Sosial Provinsi Sulsel adalah dengan melakukan Perekrutan Tenaga Pelopor Perdamaian.

Diharapkan, Tenaga Pelopor Perdamaian ini, bisa menjadi agen dalam mencegah berkembangnya paham radikal di masyarakat.

“Di bayangan kita, dengan memaksimalkan keberadaan pelopor. Maka, berkembangnya paham radikalisme ini bisa ditangkal sejak dini,” ungkapnya.

Menurut Ilham, pihaknya juga mengupayakan agar seluruh Pilar-pilar sosial yang ada di masyarakat agar bisa menjadi informan terkait dengan perkembangan paham radikal di masyarakat.

“Kita ada Tenaga Kesejahteraan Sosial Kecamatan, Pekerja Sosial Masyarakat, Taruna Siaga Bencana dan pilar-pilar lain yang bisa berfungsi sebagai pendeteksi dini terhadap perkembangan paham radikal di suatu wilayah,” jelasnya. (*)

Comment