oleh

7 Penyakit Ini Kerap Menyerang Saat Berpuasa, Begini Cara Mengatasinya

-Life Style-454 views

BERITA-SULSEL.COM – Bulan suci Ramadhan merupakan bulan yang paling ditunggu oleh umat muslim. Pada bulan ini, semua orang berbondong-bondong melakukan kebaikan dan beribadah untuk mendapatkan pahala dan berkah dari Tuhan yang Maha Esa.

Namun, ibadah dan niat baik tentu akan terhambat jika kalian dalam kondisi yang tidak sehat. Kegiatan sehari-hari pun juga tidak akan berjalan dengan baik.

Berikut 7 penyakit yang kerap menyerang saat bulan puasa

1. Dehidrasi Saat Puasa

Tubuh manusia memiliki kandungan air di dalam tubuh sebanyak lebih dari 60% total berat badan. Nah, hal ini sangat diperlukan untuk tubuh untuk membantu kerja sistem pencernaan, mengeluarkan kotoran dan racun dalam tubuh, melembapkan tenggorokan, jaringan dan masih banyak lagi.

Nah, saat puasa kebanyakan orang-orang akan mengalami dehidrasi karena hanya minum saat berbuka dan sahur. Nah, hal ini dapat kalian atasi dengan mencukupi kebutuhan minum 8 gelas sehari dengan minum 3 gelas air saat sahur, 3 gelas saat berbuka dan 2 gelas sebelum tidur. Jadi, cairan untuk tubuh tetap tercukupi meski kalian tengah berpuasa.

2. Waspada Radang Tenggorokan Saat Berpuasa

Gorengan jadi salah satu menu takjil yang paling diminati. Namun, jika setiap hari mengonsumsi gorengan yang penuh dengan minyak jahat tersebut, kalian bisa saja terserang radang tenggorokan. Pasalnya, gorengan merangsang tenggorokan menjadi sensitif.

Cara menghindari radang tenggorokan adalah dengan mengurangi makanan berminyak, super pedas dan terlalu dingin. Selain itu, pastikan asupan sayuran dan buah cukup untuk merilekskan kembali tenggorokan yang terluka. Kalian juga dapat mencoba tips mengatasi sakit tenggorokan di sini.

3. Asam Lambung Naik Ketika Berpuasa

Perubahan pola makan saat puasa dapat menimbulkan penyakit maag dan asam lambung. Penyakit satu ini terbilang sangat umum saat berpuasa. Gangguan ini akan hilang sendirinya seiring dengan tubuh menyesuaikan diri. Namun, kalian harus bertahan dengan rasa sakit yang ditimbulkan.

Tips agar asam lambung tidak naik adalah dengan tidak langsung tidur 30 menit setelah makan sahur. Jika ingin tidur, setidaknya tunggu hingga 1 jam. Selain itu, lebih baik lagi jika kalian sedikit beraktivitas dan tidak hanya duduk atau tiduran setelah makan sahur.

4. Sembelit Sering Terjadi Saat Berpuasa

Selain radang tenggorokan, sembelit juga kerap dialami oleh orang-orang yang berpuasa. Sembelit terjadi karena tubuh kekurangan cairan dan serat sehingga sistem pencernaan terganggu. Apalagi, sebagian orang tidak memperhatikan asupan makanannya ketika berbuka maupun sahur.

Maka dari itu, kalian wajib mengonsumsi buah-buahan dan sayuran, seperti pepaya, apel, bayam dan masih banyak lagi. Selain itu, hindari makanan yang mengandung banyak lemak seperti kuliner bersantan dan gorengan. Simak pula makanan yang ampuh untuk mengatasi sembelit di sini.

5. Sakit Kepala Muncul Saat Puasa

Asupan makanan dan nutrisi yang tidak cukup saat berpuasa dapat menyebabkan sakit kepala disertai pusing. Apalagi jika kalian melakukan aktivitas di bawah sinar matahari dengan perut kosong. Selain itu, perubahan pola tidur selama puasa juga menjadi penyebab utama sakit kepala.

Sebaiknya konsumsi air putih setelah berbuka puasa. Konsumsi pula makanan dan minuman yang manis. Eits, namun jangan berlebihan, ya. Tubuh juga harus cukup beristirahat agar tidak kelelahan.

6. Gula Darah Rendah

Masih sama seperti sebelumnya, kurangnya asupan dan nutrisi dapat menyebabkan penyakit, yakni gula darah rendah. Jika kandungan gula dalam darah rendah, seseorang bisa saja menjadi cepat lesu, konsentrasi buruk, mudah berkeringat bahkan tremor. Nah, untuk mengembalikan gula darah, kalian dapat mengonsumsi buah kurma yang memang memiliki banyak manfaat. Simak manfaat kurma untuk kesehatan di sini.

7. Hati-Hati Terserang Flu Saat Puasa

Penyakit selanjutnya adalah flu. Penyakit satu ini bisa saja datang lantaran asupan yang berkurang dalam tubuh menyebabkan sistem imun tidak terjaga dengan baik. Penyakit apapun termasuk flu dapat menyerang dengan mudah jika sistem imun rusak.

Maka dari itu, konsumsi makanan yang cukup nutrisi saat buka dan sahur. Minum pula vitamin dan obat-obatan jika merasa tubuh mulai melemah.

sumber : WowKeren.com

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

News Feed