oleh

8 Bahan Alami dan Mudah Ditemukan Bisa Sembuhkan Asma

-Life Style-178 views

BERITA-SULSEL.COM – Asma merupakan salah satu penyakit jangka panjang yang menyerang saluran pernapasan. Penyakit ini ditandai dengan peradangan dan penyempitan saluran napas yang menimbulkan sesak atau sulit bernapas.

Tak hanya itu, penderita asma umumnya mengalami gejala lain, seperti nyeri dada, batuk-batuk dan mengi. Penyakit ini membuat saluran pernapasan si penderita lebih sensitif dibandingkan orang lain yang tidak hidup dalam kondisi tersebut.

Penderita asma biasanya mendapatkan inhaler untuk meredakan gejala asma. Namun, bagi yang sudah tidak dapat diatasi dengan inhaler harus segera mendapatkan penanganan di rumah sakit.

Buat kalian yang sedang berjuang melawan asma, terdapat 8 bahan alami yang dinilai mampu menyembuhkannya. Mau tahu apa saja? Ayo simak di sini!

1. Bawang Merah Dan Bawang Putih Dapat Sembuhkan Asma

Bahan alami pertama yang dapat dimanfaatkan dalam pengobatan asma adalah bawang merah dan bawang putih. Bawang memiliki kandungan tiosulfat yang memiliki sifat anti-inflamasi sangat aktif sehingga dapat memberikan efek anti-asma. Kandungan ini akan bekerja dengan cara mengatasi peradangan pada saluran pernapasan.

Tak hanya itu, bawang juga mengandung quercetin yang akan membantu meringankan alergi serta antibiotik alami yang merangsang organ ekskretoris sehingga meningkatkan kerja paru-paru. Bawang merah dan bawang putih merupakan bahan yang mudah didapat lantaran tersedia di dapur. Kalian dapat memakan langsung bawanag mentah setiap pagi untuk melegakan saluran pernapasan.

2. Manfaatkan Bawang Bombay Untuk Obat Asma

Selain bawang merah dan bawang putih, kalian juga dapat memanfaatkan bawang bombay. Bawang ini memiliki zat anti peradangan yang dapat membantu kalian mengurangi penyumbatan di saluran pernapasan ketika menderita asma. Zat sulfur di dalamnya juga akan membantu mengurangi peradangan di paru-paru.

Masih sama seperti sebelumnya, kalian dapat mengonsumsi bawang bombay mentah untuk melegakan saluran udara. Hal ini tentu akan membuat penderita asma dapat bernapas lebih baik. Jika tidak menyukai bawang mentah, campurkan bawang bombay pada masakan.

3. Khasiat Madu Untuk Penderita Asma

Manfaat madu memang tak perlu diragukan lagi. Salah satunya adalah untuk mengatasi asma. Penderita asma biasanya mengalami batuk-batuk dan terjadi penumpukan lendir pada paru-parunya. Nah, madu akan membantu mencegah batu dan mengencerkan lendir tersebut.

Kalian hanya perlu rutin mengonsumsi madu dengan cara dilarutkan dalam air hangat. Minum air madu setiap hari menjelang tidur agar resiko batuk yang dapat memicu gejala asma dapat berkurang.

4. Jahe Baik Untuk Saluran Pernapasan

Siapa yang tak tahu jahe, tanaman herbal yang sangat baik untuk mengatasi berbagai penyakit yang menyangkut saluran pernapasan. Manfaat tersebut lantaran jahe memiliki efek menghangatkan.

Selain itu, jahe juga dapat merelaksasi otot, sama halnya dengan cara kerja obat-obatan asma pada umumnya. Untuk mengobati asma, kalian dapat menumbuk beberapa ruas jahe, kemudian tambahkan madu dan kunyah langsung. Atau, coba rebus jahe dengan air kemudian diminum setiap pagi dan malam hari.

5. Kunyit Dapat Mengatasi Asma

Terdapat penelitian yang menyebutkan jika kandungan curcumin dalam kunyit dapat membantu mengatasi asma bronkial. Kandungan tersebut juga memiliki sifat antioksidan tinggi yang berfungsi untuk menurunkan kadar oksida nitrat pada saluran pernapasan saat terjadi asma yang juga dapat menurunkan resiko peradangan.

Untuk membuat obat asma alami dari kunyit, kalian dapat mencampurkan seperempat sendok teh bubuk kunyit dan seperempat sendok teh bubuk lada hitam ke segelas dalam air. Minum air kunyit tersebut di pagi hari untuk menghindari masalah gangguan pernapasan.

6. Manfaat Daun Sirsak Untuk Sembuhkan Asma

Bahan alami selanjutnya adalah daun sirsak. Tanaman satu ini memiliki kandungan vitamin, mineral serta zat-zat lainnya yang dapat berfungsi untuk mengatasi gejala asma seperti sesak napas hingga sakit dada yang membuat sesak.

Cara memanfaatkan daun sirsak sebagai obat asma cukup mudah. Kalian hanya perlu merebus 10 lembar daun sirsak tua yang telah dibersihkan dalam tiga gelas air. Kemudian tunggu hingga air rebusan mendidih dan berkurang menjadi satu gelas. Minum air rebusan tersebut secara rutin agar asma dapat sembuh.

7. Biji Rami Dapat Atasi Penyakit Asma

Banyak orang yang mungkin tidak familiar dengan biji rami. Namun, perlu kalian tahu bahwa biji rami dapat mengobati asma akut dengan sangat efektif. Biji ini mengandung asam lemak omega 3 yang berfungsi sebagai anti inflamasi.

Kalian dapat memanfaatkan biji rami segar atau minyak biji rami. Konsumsi dua sendok makan bahan alami tersebut setiap hari.

8. Manfaatkan Kopi Untuk Sembuhkan Asma

Kopi mengandung kafein yang dapat mengontrol serangan asma karena dapat bertindak sebagai bronchodilator. Kopi panas akan membantu merelaksasikan dan melegakan saluran pernapasan dalam membantu penderita asma bernapas lebih mudah.

Meski kopi baik untuk asma, jangan konsumsi lebih dari 3 cangkir per hari. Jika tidak suka dengan kopi, coba ganti dengan teh hitam panas. Jangan gunakan kafein sebagai perawatan rutin.

sumber : WowKeren.com

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

News Feed