Lagi, Pemda Gowa Terima WTP untuk Kedelapan Kalinya

GOWA, BERITA SULSEL.COM – Pemkab Gowa kembali meraih opini Wajar Tanpa Pengecualian (WTP) kedelapan kalinya dari Badan Pemeriksa Keuangan (BPK).

Opini tersebut disampaikan langsung Kepala Perwakilan BPK Provinsi Sulsel, Wahyu Priyono saat Penyerahan Laporan Hasil Pemeriksaan BPK atas Laporan Keuangan Pemerintah Daerah Tahun Anggaran 2018, di Kantor BPK Perwakilan Provinsi Sulawesi Selatan, Senin, (20/5/2019).


Menurutnya, Pemberian WTP ini sesuai dengan UU No 15 tahun 2004 dan UU No 15 tahun 2006, BPK telah melakukan pemeriksaan atas LKPD tahun 2018.

“Pemeriksaan ini ditujukan untuk memberikan opini atas kewajaran laporan keuangan daerah dengan memperhatikan kesesuaian dengan standar akuntansi pemerintahan (SAP), kecukupan, pengungkapan, kepatuhan terhadap peraturan perundang-undangan dan efektifitas sistem pengendalian internal,” ungkapnya.

Dijelaskan Wahyu Priyono, laporan hasil pemeriksaan (LHP) terhadap LKPD ini terdiri dari tiga laporan utama yakni LHP atas sistem pengendalian internal, LHP atas kepatuhan terhadap perundang-undangan dan LHP atas LKPD 2018.

” WTP ini adalah bagian tugas dari BPK sebagai rangkaian akhir dari pemeriksaan, sehingga berdasarkan hasil pemeriksaan yang kami lakukan sejak sebulan lalu, kami dari BPK memberikan opini WTP kepada beberapa pemerintah daerah salah satunya LKPD Kabupaten Gowa,” bebernya.

Menanggapi hal itu, Bupati Gowa, Adnan Purichta Ichsan YL, mengaku prestasi ini merupakan kebanggaan bagi kabupaten Gowa karena mampu meraih WTP kedelapan kalinya secara berturut-turut.

“Mempertahankan opini WTP selama delapan kali berturut-turut tentu adalah capaian yang sangat luar biasa. Prestasi ini tidak lepas dari bentuk dan kerjasama semua pihak, serta sebagai bukti jika penyajian dalam laporan keuangan kita sesuai dengan peraturan dan landasan yang ada,” kata orang nomor satu di Gowa itu.

Adnan mengaku, meskipun telah meraih opini WTP selama delapan kali, pihaknya akan terus memperhatikan catatan-catatan yang dilakukan oleh BPK, agar kedepan mampu memperbaiki roda jalannya pemerintahan Kabuapaten Gowa.

Adnan berharap, kedepannya bisa mempertahankan capaian itu, bahkan dirinya bersama jajarannya tidak lengah dengan capaian delapan kali WTP bahkan ini menjadi tantangan sendiri.

“Saya selalu berharap para jajaran dapat selalu kompak dan menjunjung tinggi kebersamaan demi meraih prestasi-prestasi dan keberhasilan, sehingga ini mampu kita jaga dan bisa meraih WTP setiap tahunnya,” harap Adnan.

Selain Gowa, terdapat beberapa Kabupaten/Kota lainnya yang meraih WTP serupa yakni, Kota Palopo, Bulukumba, Soppeng, Bone, dan Sinjai.(an)

Comment