Pemkab Gowa Peringati Harkitnas ke 111

GOWA, BERITA-SULSEL.COM – Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Gowa memperingati Hari Kebangkitan Nasional yang ke-111. Bertindak sebagai inspektur upacara Wakil Bupati Gowa, Abd Rauf Malaganni.

Peringatan ini berlangsung di Halaman Upacara Kantor Bupati Gowa, Senin (20/5) yang diikuti seluruh Aparatur Sipil Negara (ASN) Pemkab Gowa.


Abd Rauf mengatakan, peringatan hari kebangsaan nasional tahun ini sangat relevan jika dimaknai dengan teks sumpah palapa tersebut. Dalam situasi pasca pesta demokrasi yang menguras energi dan emosi sebagian besar masyarakat.

“Alhamdulillah, sampai saat ini tahapan pesta demokrasi tersebut dapat berjalan lancar dan aman. Ini tiada lain berkat pengorbanan banyak saudara-saudara kita yang menjadi anggota kelompok penyelenggara pemungutan suara, bahkan berupa pengorbanan nyawa,” kata Wabup Gowa saat membacakan sambutan seragam kementrian Komunikasi dan Informatika RI, Rudiantara.

Abd Rauf mengatakan, telah lebih satu abad kita menorehkan catatan penghormatan dan penghargaan atas kemajemukan bangsa yang ditandai dengan berdirinya organisasi Boedi Oetomo yang mana dalam kondisi kemajemukan bahasa, suku, agama, kebudayaan ditingkah bentang geografis merupakan salah satu yang paling ekstrem namhn kita mampu membuktikan menjaga persatuan sampai detik ini.

“Oleh karena itu, tak diragukan lagi bahwa kita pasti akan mampu segera kembali bersatu dari kerengganan perbedaan pendapat, dari keterbelahan sosial dengan memikirkan kepentingan yang lebih luas bagi anak cucu bangsa ini, yaitu persatuan indonesia,” ungkapnya.

Tak hanya itu, peringatan Harkitnas kali ini juga dilangsungkan dalam suasana bulan ramadhan.

“Bagi umat muslim, jadikanlah bulan suci ini untuk kita mengejar pahala dan meninggalkan perbuatan-perbuatan yang dibenci Allah SWT seperti permusuhan, penyebaran kebohongan dan fitnah. Hingga pada akhirnya kita bisa seperti Mahapati Gadjah Mada, mengakhiri puasa dengan hati dan lingkungan yang bersih berkat hubungan yang kembali fitri,” tambah Kr Kio sapaan akrab Wabup Gowa.

Dirinyapun berharap peringatan Harkitnas ini dijadikan moment untuk membangkitkan rasa persatuan, agar bangsa yang besar ini mampu terus menghidupi semangat persatuannya selama berabad-abad.

Turut pula hadir diperingatan ini, Sekretaris Kabupaten Gowa, H Muchlis, serta pimoinan SKPD lingkup Pemerintah Kabupaten Gowa. (*)

Comment