DKP Kota Makassar Pantau Keamanan Pangan di Pasar

MAKASSAR, BERITA-SULSEL.COM – Dinas Ketahanan Pangan Kota Makassar melalui tim operasional terpadu melakukan pengendalian keamanan pangan di pasar tradisional maupun pasar modern.

Kadis Ketahanan Pangan yang diwakili Kepala Bidang Keamanan Pangan, Isra Zulfadli mengatakan, kegiatan ini dilakukan untuk melihat keadaan keamanan pangan segar seperti sayuran, buah buahan, ikan, daging dan kebutuhan pokok lain jelang hari raya Idul Fitri.


Kata dia, ada dua pasar yang menjadi titik pantauan pagi ini yakni pasar tradisional Pabbaeng-Baeng dan pasar modern Lotte Mart Alauddin.

“Dari dua pasar tersebut tim operasional terpadu dan pengendalian keamanan pangan mengambil beberapa sampel ikan kering, dan sayur sayuran seperti labu siam, daun kacang, dan paria,” ujarnya, Selasa (21/5/2019).

Kata Isra, sampel tersebut secara langsung dilakukan test di tempat dengan menggunakan Metode Rapid Test Kit atau metode uji cepat, untuk mengetahui kadar kandungan bahan bahan berbahaya ( boraks, formalin dan pestisida) dan hasilnya negatif.

Operasional tim terpadu ini, jelas Isra, merupakan kegiatan rutin dilaksanakan setiap bulan dengan melibatkan beberapa SKPD terkait yang masuk dalam tim terpadu.

“Tujuan kegiatan untuk memastikan pangan yang ada di pasar tradisional dan modern aman dikomsumsi serta bebas dari kandungan bahan berbahaya seperti boraks, formalin dan pestisida,” ungkapnya.

Hasil uji sampel dengan metode Rapid Test kit atau test cepat di Pasar Pabbaeng-baeng dan Lotte Mart tidak ditemukan adanya kandungan boraks, formalin, pestisida pada sayuran, buahan, ikan dan makanan lainnya.

“Semua yang telah kita test hasilnya negatif. Semua layak komsumsi,” terangnya.

Operasi disambut baik Manager Fresh Food Lotte Mart, Abdul Waris. Kata dia, pemeriksaan ini dilakukan guna meningkatkan kualitas dan kepercayaan masyarakat terhadap market yang dipimpinnya.

“Kami sangat mendukung adanya kegiatan ini, supaya masyarakat tahu produk yang kami pasarkan dijamin aman,” tuturnya. (*)

Comment