oleh

Indira Basalamah, Dosen STIE Wira Bhakti Raih Gelar Doktor Ilmu Manajemen di UMI

-Pendidikan-306 views

MAKASSAR, BERITA-SULSEL.COM – Indira Basalamah, dosen Sekolah Tinggi Ilmu Ekonomi (STIE) Wira Bhakti Makassar meraih gelar doktor Ilmu Manajemen di Pascasarja Universitas Muslim Indonesia (PPs UMI).

Indira Basalamah berhasil mempertahankan dan memaparkan hasil penelitian disertasinya berjudul “Komitmen Organisasional Kompensasi dan Kepemimpinan Terhadap Syariah Engagement serta Implikasinya pada Kinerja Pegawai Perbankan Syariah di Kota Makassar”, Senin (10/6/2019).

Baca Juga : STIE Wira Bhakti Makassar Gelar Ujian Penjaminan Mutu Mahasiswa

Hadir sebagai penguji yakni Prof Dr Mansyur Ramli SE MSi (Promotor), Prof Dr Bahar Sinring SE MSi dan Dr Roslina Alam SE MSi (Ko Promotor). Selain itu, hadir juga Ketua Program Studi Doktor Ilmu Managemen PPS UMI, Prof Dr Jeni Kamase SE MSi dan Direktur PPs UMI Prof Dr Baharuddin S SE MSi.

Dihadapan penguji, perempuan kelahiran Ambon, 4 September 1976 menjelaskan, penelitian yang dilakukannya bertujuan untuk menguji dan menganalisis secara empiris pengaruh komitmen organisasional, kompensasi, kepemimpinan terhadap kinerja pegawai melalui syariah engagement.

Baca Juga : 12 Alasan Kenapa Harus Memilih STIE Wira Bhakti untuk Kuliah

Kata dia, desain penelitian menggunakan metode survei dengan pengumpulan data secara cross-section melalui kuesioner. Penentuan sample menggunakan cluster sampling dengan jumlah sampel sebanyak 185 pegawai.

“Metode analisis data yang digunakan dalam pengujian hipotesis adalah structural equation modeling atau SEM. Hasil penelitian memberikan bukti secara langsung komitmen organisasional, kompensasi, kepemimpinan berpengaruh positif dan signifikan terhadap syariah engagement,” ujarnya.

Anak ketiga dari empat bersaudara ini mengatakan, penelitian dilakukan pada 13 Kantor Perbankan Syariah di Kota Makassar. 5 bank umum syariah, 5 bank unit usaha syariah dan 3 BPRS syariah.

Baca Juga : Sitti Murniati, Dosen STIE Wira Bhakti Makassar Raih Gelar Doktor Ilmu Manajemen di UMI

“Penelitian ini saya lakukan selama 6 bulan, sejak Februari hingga Juli 2018. Penelitian ini menggunakan dua pendekatan, yakni deskriptif dan eksplanatori,” terangnya.

Sebagai saran dari penelitian yang dilakukan, jelas alumni Magister Manajemen Keuangan Unhas tahun 2008 ini, guna meningkatkan komitmen pegawai perbankan syariah dari lini paling bawah hingga manajemen puncak, pihak perbankan perlu melakukan program untuk merubah sikap, perilaku dan para digma sesuai norma keislaman.

Hal ini dilakukan dengan tujuan, tambah M Ismail Rizqi Massarapa ini, setiap pegawai yang melaksanakan pekerjaan dilakukan dengan senang hati dan ihklas bekerja.

“Selain itu, kesejahteraan pegawai menjadi tolak ukur keberhasilan pengelolaan organisasi. Pihak manajemen perlu melakukan upaya demi pencapaian non finansial,” paparnya.

“Sedang untuk peneliti lanjutan diharapkan dapat mengembangkan hasil penelitian ini dengan mengaikan knowledge management dan engagement dalam studi, khususnya tentang sistem ekonomi syariah dalam menghadapi era revolusi digital 4.0,” tambahnya. (*)

Biodata

Nama : Indira Basalamah
Tempat Tanggal Lahir : Ambon, 4 September 1976
Pekerjaan : Dosen PNS

Orang Tua

Ayah : Mohammad A. Basalamah
Ibu : Leila Bahasoan
Suami : M Ismail Rizqi Massarapa

Pendidikan

* SD Al Hilaal III Ambon, lulus 1987
* SMP Negeri 4 Ambon, lulus 1990
* SMA Negeri 1 Ambon, lulus 1993
* Sarjana Ekonomi UMI Makassar, lulus 1998
* Magister Manajemen Keuangan Unhas, Lulus 2008
* Mahasiswa Program Doktor PPs UMI Makassar, Jurusan Manajemen, Konsentrasi Managemen Keuangan.

9cda70c7-d485-49ab-ab8c-bb7b3c4f21b2

News Feed