Juara 1 di Provinsi, SMPN 3 Sungguminasa Wakili Sulsel Lomba Sekolah Sehat Tingkat Nasional

GOWA, BERITA-SULSEL.COM – Sekolah Menengah Pertama (SMP) Negeri 3 Sungguminasa Kabupaten Gowa akan menjadi wakil  Sulawesi Selatan dalam lomba sekolah sehat tingkat nasional yang akan dilaksanakan pada bulan Juli 2019 mendatang.

Keikutsertaan  SMPN 3 Sungguminasa menwakili SulSel tidak terlepas dari prestasi yang diukir sebelumnya dengan meraih juara satu sebagai Sekolah Sehat pada tingkat Provinsi yang diselenggarakan pada April 2019 lalu.


“Alhamdulillah sekolah kita dapat mewakili Sulawesi selatan pada lomba sekolah sehat tingkat Nasional. Insya Allah kita dapat keluar sebagai juara satu lagi, kita minta doa dan dukungannnya semua,” kata Kepala Sekolah SMPN 3 Sungguminasa, Fajar saat ditemui diruangannya, kemarin

Fajar menjelaskan keberhasilan sekolahnya mewakili Sulawesi selatan sebagai sekolah sehat berkat ketekunan semua pihak dari guru dan siswa-siswinya yang bersungguh-sungguh mendukung program sekolah sehat oleh pemerintah.

“Apa yg kita raih ini berkat dukungan semua pihak, terutama dari warga sekolah. IsnyaAllah akan banyak lagi prestasi-prestasi yang akan kita torehkan,”tambahnya.

Sementara itu Kasubag pemberdayaan perempuan dan Agama Bagian Kesra Sekkab Gowa yang juga sebagai Tim penilai Sekolah sehat tingkat kabupaten, Rahma mengatakan, Lomba sekolah sehat ini diikuti sebanyak 54 sekolah dari setiap kecamatan yang ada di kabupaten Gowa.

“Seleksinya itu diikuti sebanyak 54 sekolah dari tingkat TK, SD dan SMP. disetiap kecamatan di wakil masing-masing tiga sekolah. Dan untuk tahun ini SMPN 3 Sungguminasa sebagai juara dan telah mewakili gowa dan sulsel ketingkat Nasional,” terangnya.

Rahma juga mengungkapkan adapun beberapa indikator penilaian sebagai sekolah sehat yakni meliputi sekolah yang berprilaku Hidup Bersih dan Sehat (PHBS), Budaya dan lingkungan yg sehat Baik lingkungan sekolah dan sekitarnya serta Kantin Sekolah,

Usaha Kesehatan Sekolah (UKS)  yg mencerminkan pengelolahan dan informasi hidup yang sehat,  kepribadian Iman dan ketaqwaan terkait prilaku agamais yang mencerminkan kepribadian yg sehat,

sanititasi/selokan san toilet yg bersih dan sehat,serta sistem pengelolan sampah yang baik dari pihak sekolah.

“Seluruh indikator sudah dipenuhi dengan baik oleh SMPN 3 Sungguminasa. Kami tentu berharap pada tingkat nasional nanti dapat menoreh prestasi lagi,”harapnya. (an).

Comment