oleh

Pemkot Makassar Minta Pelaku UMKM Tertib Laporkan Data Usahanya

-News-346 views

MAKASSAR, BERITA-SULSEL.COM  – Pemerintah Kota Makassar minta pelaku Usaha Mikro Kecil Menengah (UMKM)  berkoordinasi dengan melaporkan data terkait operasi usahanya.

Hal ini disampaikan Asisten 1 Bidang Pemerintahan, A. Azis Hasan dalam Workshop Fasilitasi Badan/Lembaga Kota Makassar Tahun 2019 yang digelar  Badan Perencanaan Pembangunan Daerah (Bappeda) di Lantai 18, Ballroom Aston Hotel, Senin (17/6/2019).

Ia menyampaikan, UMKM memiliki peranan penting dalam pertumbuhan ekonomi. Hal ini dibuktikan dalam sejarah, saat Indonesia mengalami krisis moneter, UMKM terbukti mampu menggerakan ekonomi kerakyatan.

“Pertumbuhan ekonomi, terkhusus di Kota Makassar sekarang berada diangka 8,42 %. Dihimbau agar seluruh SKPD terkait termasuk kecamatan dan kelurahan bisa melakukan koordinasi dengan baik kepada pelaku usaha,” ujarnya dalam sambutan.

Azis sapaan akrabnya menyampaikan, Bappeda tidak dapat menyusun perencanaan dengan baik kalau data yang didapatkan dari UMKM tidak akurat. Selama ini, banyak UMKM yang tidak melaporkan datanya.

“Pihak kecamatan harusnya bisa memperbaharui setiap data yang ada. Artinya monitoring harus intens dilakukan kepada pelaku UMKM karena kita harus sejalan beriiringan antara pelaku usaha dengan Pemerintah Kota,” ungkapnya.

Penulis : Taufiq Quridatullah

loading...

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

News Feed