Dosen UTS Makassar Latih UKM Paotere Olah Rumput Laut jadi Makanan

MAKASSAR, BERITA-SULSEL.COM – Dosen Universitas Teknologi Sulawesi (UTS) mengajarkan UKM Paotere di Kelurahan Gusung, Kecamatan Ujung Tanah, Kota Makassar untuk memaksimalkan pengelohan rumput laut menjadi makanan dapat diterima masyarakat.

Dosen Ekonomi dan Fisip UTS Makassar, Yulis Baso SE MM mengatakan, rumput laut jenis Kappaphycus Akvazeii, dikenal dengan nama Euchema Cottonii, merupakan salah satu jenis rumput laut yang banyak digunakan dalam berbagai industri makanan, farmasi dan kosmetika.


Kata dia, jenis rumpul laut ini banyak mengandung keragaman. Namun, permasalahan yang dihadapi UKM Paotere dalam mengolah rumput laut menjadi makanan olahan seperti Bakso, Mie, Dodol dan Kerupuk adalah bau amis.

Sehingga, kata Yulis, produksi makanan hasil olahan rumput laut UKM Paotere kurang diminati masyarakat. Sehingga, pihaknya berinisiatif melaksanakan kegiatan pengabdian masyarakat UKM Paotere di Kelurahan Gusung.

“Kegiatan ini dalam bentuk pelatihan dalam pengolahan rumput laut menjadi makanan olahan. Sehingga, olahan makanan berbahan rumput laut ini dapat meningkatkan ekonomi masyarakat, khususnya perempuan nelayan dan anggota UKM Paotere,” ujarnya, Ahad (23/6/2019).

Hal yang sama disampaikan Dosen Ekonomi dan Fisip Universitas Teknologi Sulawesi Dr Iskandar MSi. Kata dia, kegiatan yang dilakukannya ini dipercayakan Ristekdikti melalui hibah kemitraan masyarakat.

Kata dia, pelatihan ini dikemas dalam bentuk workshop. Dimana, warga diajarkan mengolah rumput laut agar bau amis dari rumput laut tersebut berkurang.

“Setelah bau amis dari rumput laut berkurang, baru kemudian diolah menjadi bakso, mie, dodol dan kerupuk,” ujarnya.

Kata Iskandar, pelatihan ini sebagai awal dari rangkaian kegiatan untuk mengaplikasikan pengolahan rumput laut menjadi makanan olahan yang dapat di terima oleh masyarakat.

“Melalui pelatihan ini diharapkan dapat meninggkatkan ekonomi perempuan Nelayan di Kelurahan Gusung. Kegiatan telah dilaksanakan pada hari Rabu, 19 Juni 2019 di UKM Paotere, Kelurahan Gusung,” terangnya. (*)

Comment