Pencetus Komunitas Pecandu Aksara Pemateri Training Privat Jurnalistik MIB Indonesia

Laporan Azimah Nahl
Anggota Komunitas Pecandu Aksara
Dari Kota Makassar

MAKASSAR, BERITA-SULSEL.COM – Pencetus Komunitas Pecandu Aksara (PA), Fachri Djaman menjadi pemateri Training Privat Jurnalistik yang diadakan MIB Indonesia, Selasa – Rabu, tanggal 25-26 Juni 2019.


Kegiatan ini dilaksanakan di Ardan Masogi Caffeshop Jalan Perintis Kemerdekaan, Makassar.

Fachri Djaman juga redaktur salah satu media online di Makassar. Peserta kegiatan ini merupakan staff Humas Kampus Universitas Islam Makassar (UIM), Usman.

Fachri mulai memperkenalkan dunia jurnalistik kepada peserta training.

“Dalam menulis naskah jurnalistik harus diperhatikan adalah pertama faktual, kejadian yang benar-benar terjadi. Jadi, kita tidak mengarang cerita kejadian,” jelasnya.

Fachri menyatakan, media itu harus berimbang dan tidak mengandung unsur SARA.

“Kemudian tidak mengucapkan sarkasme atau kata yang kasar,” tambah Fachri.

Owner Penerbit MIB Indonesia, jelas Fachri, sisi kemanusiaan seorang Jurnalis atau humaniti contoh berita kriminal dan pelakunya remaja, anak di bawah 18 tahun.

Wajahnya harus diblur, tidak boleh menyebutkan nama lengkap, gunakan inisial. Karena anak ini masih punya masa depan. Agar tidak dikucilkan oleh sekolah dan masyarakat.

Usai mendengarkan materi dan praktik langsung di tempat. Peserta training, Usman mengapresiasi Training Privat Jurnalistik.

“Sangat luar biasa dan sangat membantu terutama untuk pemula yang ingin mengenal dunia jurnalistik,” jawab Staf Humas UIM, Usman.

Usman mengungkapkan latarbelakang keikutsertaannya dalam training karena dapat menambah pengetahuannya yang sangat erat hubungan dengan profesinya sebagai staff humas. (*)

Comment