Dosen PNUP Berikan Pelatihan Pengelasan Berstandar di Desa Kulo Sidrap

Dosen PNUP Berikan Pelatihan Pengelasan Berstandar di Desa Kulo Sidrap

Dosen PNUP Berikan Pelatihan Pengelasan Berstandar di Desa Kulo Sidrap

BERITA-SULSEL.COM – Politeknik Negeri Ujung Pandang (PNUP) yang diwakili tiga dosen, satu teknisi, dan dua mahasiswa melaksanakan kegiatan pengabdian kepada masyarakat melalui Program Kemitraan Masyarakat (PKM).

Kegiatan PKM tersebut dilaksanakan dalam bentuk pelatihan pengelasan sesuai standar kepada kelompok pemuda di Desa Kulo Kecamatan Kulo Kabupaten Sidenreng Rappang, Sabtu (13/7/2019).


“Kelompok pemuda yang kami beri pelatihan pengelasan tergabung  dalam kelompok las Alif yang umumnya berlatar belakang pendidikan SMK/SMA,” jelas Dr Ir Muhammad Arsyad Habe MT, selaku ketua tim.

“Tapi, tidak melanjutkan pendidikan ke perguruan tinggi. Selama ini mereka melakukan pengelasan yang tidak memperhatikan keselamatan dan kesehatan kerja (K3), peralatan berserakan tidak teratur, tidak ada pembukuan, dan peralatan yang digunakan masih terbatas dibandingkan jenis pekerjaan yang akan dilakukan”, jelasnya.

Kata dia, berdasarkan permasalahan dihadapi maka materi pelatihan yang diberikan kepada pemuda kelompok las Alif yaitu pengelasan sesuai dengan standar, K3 pengelasan, dan pengelolaan pembukuan.

Materi pengelasan diberikan dalam bentuk contoh dan praktek  yang dipaparkan salah seorang anggota tim yaitu Arthur Halik Razak, S.ST., M.T.

Dalam penjelasannya tentang las yang berstandar, dirinya menyampaikan selain alat pelindung diri harus diperhatikan, penggunaan arus las juga harus disesuaikan dengan diameter elektroda.

Sumber bahaya dalam pengelasan seperti percikan api las, gas sisa las, dan bahaya lainnya dapat dicegeh dengan menggunakan alat pelindung diri (APD) seperti kacamata las atau helm las, masker, sepatu safeti, kos tangan las, dan pelindung badan (apron).

Sementara untuk meningkatkan pendapatan kelompok las Alif maka mutlak dilakukan pembukuan sehingga bisa diketahui nilai investasi, pengeluaran, dan pemasukan yang pada akhirnya keuntungan tiap bulan dapat diketahui.

Minimal pembukuan sederhana yang hanya memuat debit dan kredit, demikian penjelasan yang diberikan salah satu anggota tim lainnya, Hasyim SE MSi, dosen akuntansi PNUP.

Kegiatan pengabdian otim PKM PNUP turut dihadiri Kepala Desa Kulo, Haryanto Manguluang, bersama unsur perangkat desa lainnya.

Haryanto menyampaikan terima kasih atas perhatian PNUP dalam hal peningkatan keterampilan warganya di bidang pengelasan.

Haryanto berharap masih ada pelatihan lain di waktu yang akan datang. Di akhir acara, tim PKM PNUP menyerahkan bantuan kepada kelompok las Alif berupa peralalatan las listrik, las gas, alat pelindung diri, alat pemadam api ringan, kotak P3K dan isinya, serta rak peralatan. (*)

Comment