Mahasiswa 12 Negara Ramaikan Parade Bunga Beautiful Malino

Adnan Purichta Ichsan

Adnan Purichta Ichsan

GOWA, BERITA-SULSEL.COM –  Kemeriahan parade bunga dalam rangka Beautiful Malino 2019 semakin lengkap dengan hadirnya barisan dari 12 negara di antaranya Azerbaijan, Solmon Island, Afrika, Jepang, Malaysia, Spanyol, dan Indonesia.

Mereka adalah mahasiswa Beasiswa Seni Budaya Indonesia (BSBI) yang ingin ikut berpartisipasi meramaikan event Beautiful Malino 2019.


Leader BSBI wilayah Sulsel Kazaki mengatakan, Kabupaten Gowa adalah salah satu daerah di Sulsel yang memiliki kekayaan budaya, sejarah dan destinasi wisatanya. Termasuk Kota Malino ini.

“Kami mengetahui bahwa Gowa memiliki program wisata tahunan yaitu Beautiful Malino, makanya karena pas dengan pertukaran mahasiswa yang dilakukan BSBI kami pun memanfaatkannya,” katanya usai mengikuti parade, Sabtu (13/7/2019).

Lanjutnya, para mahasiswa dari 12 negara tersebut pun sangat bahagia dapat datang langsung ke Kabupaten Gowa utamanya ke event Beautiful Malino ini.

“Mereka sangat kagum dengan pesona wisata alam yang ditawarkan Kota Malino termasuk bunganya. Belum lagi masyarakatnya sangatlah ramah-ramah,” ujarnya.

Kazaki menjelaskan, program BSBI ini merupakan program Kementerian Luar Negeri yang mana mahasiswa ini akan diberikan pengetahuan tentang seluruh potensi seni dan budaya yang ada di Sulsel, termasuk di Gowa ini.

“Kami sengaja ingin ikut di kegiatan ini untuk menambah wawasan teman-teman tentang budaya di Kabupaten Gowa yang memang sangat indah ini,” ujarnya.

“Apalagi di Gowa sangat kental dengan sejarah dan budayanya. Belum lagi mahasiswa yang ikut dalam program ini dituntut untuk mempromosikan seluruh potensi daerah yang dikunjunginya,” jelasnya.

Mahasiswa Jepang Haruna Ono mengatakan, kedatangannya di Indonesia adalah pengalaman yang pertama kalinya. Ia pun memiliki pengalaman yang sangat mengesankan khususnya di Kota Malino ini.

“Malino sangat luar biasa. Alamnya sangat indah, kulinernya pun sangat enak seperti tenteng,” katanya.

Sementara Bupati Gowa Adnan Purichta Ichsan mengungkapkan, parade bunga ini memang menjadi rangkaian rutin yang digelar di Beautiful Malino.

Dengan adanya parade bunga ini dapat menjadi pemicu bagaimana wisatawan untuk datang membawa serta keluarganya.

“Hadirnya adik-adik mahasiswa dari berbagai negara diharapkan semakin membuka potensi dalam mempromosikan Malino ini. Sehingga kedepan daerah ini akan semakin dikenal hingga ke mancanegara,” katanya. (an)

Comment