GoFood Festival Karebosi Link Berikan Pengalaman Mengenal Budaya Toraja di Cultural Hub

GoFood Festival Karebosi Link Berikan Pengalaman Mengenal Budaya Toraja di Cultural Hub

GoFood Festival Karebosi Link Berikan Pengalaman Mengenal Budaya Toraja di Cultural Hub

MAKASSAR, BERITA-SULSEL.COM – Sebagai daerah beragam keunikan budaya Sulawesi Selatan, terutama Toraja, membuatnya dikenal hingga ke mancanegara.

Setidaknya 280 ribu wisatawan nusantara dan mancanegara datang ke Toraja untuk menyaksikan langsung keindahan alam dan keunikan budaya Toraja.


Kini, masyarakat Makassar bisa lebih mengenal budaya lokal Sulawesi Selatan, dari Toraja hingga Bulukumba, lewat prakarya dan permainan tradisional yang dikemas secara interaktif di Cultural Hub GoFood Festival Karebosi Link, Makassar, mulai tanggal 3 hingga 19 Agustus 2019.

Mengusung tema “Kenali Budaya Lewat Prakarya”, gelaran Cultural Hub di Makassar kali ini akan menghadirkan serangkaian aktivitas seru, diantaranya melukis dengan gaya Batik Pa’Teddong khas Toraja, workshop merangkai rumah Tongkonan dari bahan kardus bekas, hingga keseruan bermain ludo Pinisi terinspirasi dari kapal layar tradisional khas asal Bulukumba.

Seluruh permainan ini dapat dinikmati pengunjung secara gratis dengan memperlihatkan bukti transaksi di GoFood Festival Karebosi Link.

Head of Corporate Affairs Gojek Indonesia Timur, Mulawarman mengatakan, berkolaborasi dengan Ganara Art, GoFood Festival menegaskan komitmennya sebagai community hub untuk menghadirkan pusat kegiatan masyarakat, sambil berwisata kuliner.

“Kami melihat di Makassar banyak sekali komunitas dan anak-anak muda yang punya ide-ide unik, namun memiliki keterbatasan ruang menuangkan kreativitasnya, dimana biaya operasional juga menjadi salah satu tantangan yang paling banyak mereka hadapi,” ujarnya.

“GoFood Festival menjadi salah satu solusi yang menjawab kebutuhan masyarakat, dalam hal ini komunitas, sebagai wadah berkreasi dan menciptakan dampak positif untuk masyarakat,” sebut Mulawarman.

Lanjutnya, sejak pertama kali dibuka pada Januari 2018, GoFood Festival mendapatkan respon yang sangat positif dari masyarakat dan telah memfasilitasi lebih dari 400 kegiatan komunitas, termasuk di Makassar.

Sementara itu, jonsep budaya Sulawesi Selatan yang dibawa dalam Cultural Hub kali ini dituturkan Koordinator Ganara Art – Mari Berbagi Seni Makassar, Achmad Teguh Saputro terinspirasi dari warisan budaya lokal yang sangat dekat dengan kehidupan masyarakat sehari-hari.

Banyak wisatawan yang rela terbang ke Toraja untuk melihat langsung keunikan budaya dan masyarakat di sana. Jangan sampai kita yang dekat di Makassar justru tidak kenal dengan budaya, adat, maupun kuliner khas Toraja.

“Lewat Cultural Hub ini, kami mengajak masyarakat mulai dari anak-anak hingga orang dewasa untuk kembali menghidupkan budaya Sulawesi Selatan melalui cara-cara yang menyenangkan,” paparnya.

Teguh menambahkan, GoFood Festival Karebosi Link menjadi ruang yang tepat untuk menghadirkan kembali nuansa budaya Sulawesi Selatan dengan lokasi strategis di jantung Kota Makassar serta dekat dengan pusat aktivitas dan bisnis, sehingga Cultural Hub ini dapat menjangkau banyak masyarakat di Kota Makassar.

“Sebagai komunitas seni, Ganara Art – Mari Berbagi Seni yang sudah sejak 2017 aktif berkegiatan di Makassar,” ujarnya.

“Kami merasa sangat senang dapat berkolaborasi dengan GoFood Festival yang mengakomodasi instalasi seni dari artis-artis pengajar Ganara Art untuk dipamerkan di beberapa lokasi GoFood Festival di Makassar, Palembang dan Jakarta,” tambahnya.

“Kami juga optimis, melalui prakarya melukis dan membuat rumah dari kardus, anak-anak juga bisa dilatih motorik halus dan berpikir kreatif sedari dini. Melalui Cultural Hub, kami ingin lebih banyak lagi mengajak masyarakat untuk mengenal budaya lokal melalui prakarya,” lanjutnya.

Selain menawarkan alternatif kegiatan untuk masyarakat, kolaborasi ini juga diharapkan dapat mendatangkan gelombang pengunjung baru untuk mencicipi kuliner terbaik dari merchant.

Hingga saat ini sudah hampir 1.000 merchant yang bergabung dengan GoFood Festival dan sukses meningkatkan omzet rata-rata 2 kali lipat.

“Kami berharap, inisiatif yang diadakan kedepannya bisa memberikan dampak positif bagi masyarakat maupun mitra merchant kami,” tutup Mulawarman.

Comment