oleh

Bonto Sunggu Manai Jadi Wakil Gowa Lomba Bumdes Berprestasi Tingkat Provinsi

-Daerah-155 views

GOWA,  BERITA-SULSEL.COM – Badan Usaha Milik (BumDes) Bonto Sunggu Manai (BSM) Desa Sunggumanai Kecamatan Pattalassang Kabupaten Gowa terpilih menwakili daerah ini pada lomba BumDes Berprestasi tingkat Provinsi Sulsel.

Sebelumnya Bumdes yang didirikan tahun 2015 lalu ini terpilih sebagai BumDes terbaik di Gowa.

Ketua BumDes Bonto Sunggu Manai,  Noorsalam mengatakan  ditingkat provinsi, BumDes yang dipimpinnya tersebut akan berkompetisi dengan 17 bumdes dari 17 Kabupaten yang ada di Sulsel untuk memperebutkan sebagai yang terbaik untuk kemudian menwakili Sulsel bertarung di ajang lomba yang sama di tingkat nasional.

“Tim penilai sudah turun. Saat ini kami sedang menunggu pengumuman juara. Mudah-mudahan Gowa bisa meraih juara satunya,” ungkapnya saat ditemui, Selasa 20 Agustus 2019.

Ia menjelaskan, dalam melakukan penilaian, Tim dari provinsi meninjau langsung perkembangan BumDes. Beberapa program inovasi menjadi point tersendiri yang dimiliki BumDes Sunggumanai.

“Penilaiannya sangat ketat. Mulai dari administrasi sampai program yang kami aplikasikan di BumDes ikut diperiksa,” jelasnya.

Adapun beberapa program inovasi dari BumDes Sunggumanai ini yaitu unit usaha produksi paving blok, beton kanstin, dan batako. Kemudian, unit usaha perdagangan hasil pertanian, jual beli gabah, jagung, dan ubi.

“Ada juga unit usaha agribisnis dan hortikultura Budi daya dan suply jagung baby corn, unit jasa lembaga keuangan mikro desa (LKMD) peminjaman modal UMKM, dan unit usaha loket resmi pembayaran online (PPOB) dan agen BRI-Link,” lanjut Noorsalam.

Sementara itu, Kepala Desa Sunggumanai Rivai Rasyid berharap BumDes yang berada di desanya ini bisa membanggakan Gowa dengan meraih juara di tingkat Provinsi.

“Mudah-mudahan bisa juara nantinya. Dan membuat masyarakat Gowa, khususnya warga Pattallassang bangga memiliki BumDes,” pungkasnya. (an).

9c5e1ac2-841b-4700-b2b6-f109e3da7f97

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

News Feed