Sambut FKN 2019, Dewan Adat 12 Ziarah ke Makam Datuk Pattimang

Sambut FKN 2019, Dewan Adat 12 Ziarah ke Makam Datuk Pattimang

Sambut FKN 2019, Dewan Adat 12 Ziarah ke Makam Datuk Pattimang

MAKASSAR, BERITA-SULSEL.COM — Kegiatan kolosal Festival Keraton Nusantara (FKN) XIII bakal dipusatkan di Tana Luwu. Tentu sebuah kebanggaan bagi masyarakat Tana Luwu karena dipercaya menjadi tuan rumah dari event tahunan berskala internasional ini.

Mengingat FKN ini tidak hanya diikuti oleh kerajaan-kerajaan dari Nusantara saja, melainkan juga bakal dihadiri oleh sejumlah negara asing seperti Belanda, Malaysia, Singapura, Brunei, dan Pakistan.


Nah, menyambut event monumental ini, berbagai persiapan dilakukan, baik oleh panitia, pihak Kedatuan Luwu serta empat Pemerintah Daerah se-Tana Luwu, masing Luwu, Palopo, Luwu Utara, dan Luwu Timur.

Salah satu persiapan yang dilakukan dalam menyambut ajang tahunan yang tinggal menghitung hari ini adalah berziarah ke Makam Datuk Pattimang di Malangke oleh Dewan Adat 12 Kedatuan Luwu, Selasa (3/9/2019) kemarin.

Kepala Dinas (Kadis) Kebudayaan dan Pariwisata (Budpar) Kabupaten Luwu Utara, Yasir Taba, menyebutkan, ada kurang lebih 100 orang yang datang berziarah ke makan Datok Pattimang bersama para Dewan Adat 12 tersebut.

“Mereka yang datang berziarah terdiri dari Makole Baebunta dengan perangkat adatnya, Maddika Bua dengan perangkat adatnya, serta Maddika Ponrang juga dengan Perangkat Adatnya,” kata Yasir di sela-sela kegiatan tersebut.

Sementara terkait persiapan Festival Kuliner Non Beras yang akan dilaksanakan oleh Pemerintah Daerah Kabupaten Luwu Utara pada 11 September 2019 mendatang, Yasir Taba mengatakan bahwa Pemda Lutra siap melaksanakan kegiatan yang juga bagian dari rangkaian FKN tersebut.

“Terkait Festival Kuliner, kita sudah menyurat ke seluruh kecamatan untuk meminta setiap desa untuk hadir mengambil bagian dalam acara ini,” ungkap Yasir.

“Sejauh ini, kita sudah melakukan dua kali rapat untuk membahas kegiatan ini, dan progressnya Alhamdulillah sangat baik, karena hampir seluruh kecamatan sudah menyatakan kesediaannya untuk hadir memeriahkan Festival Kuliner tersebut.

Sisanya kita tinggal menunggu konfirmasi kehadiran dari kecamatan yang lain,” pungkas Yasir Taba. (LH/HMS)

Comment