Perum Khusus ASN Diduga Jadi ‘Lahan Bisnis’ Oknum Pejabat dan Pengusaha

Perum Khusus ASN Diduga Jadi 'Lahan Bisnis' Oknum Pejabat dan Pengusaha

MAKASSAR, BERITA-SULSEL.COM – Perumahan untuk Aparatur Sipil Negara (ASN) di Bukit Praja Indah Antang Manggala. Diisukan telah jadi ‘lahan bisnis’ oknum pejabat dan pengusaha. Kuasai beberapa unit rumah atas nama ASN berbeda.

Dari informasi yang dihimpun berita.news bahkan ada salah satu Kepala Dinas kuasai beberapa unit di perumahan tersebut. Bahkan, beberapa unit lainnya bukan lagi atas nama ASN Pemprov Sulsel. Padahal, perumahan itu diperuntukkan khusus pegawai.


Diketahui, lahan hibah Seluas 21 Hektare (ha) akan dibangun 1000 unit rumah. 900 sudah terbangun. 700 unit telah laku terjual. Saat ini satu unit rumah di hargai Rp 120 juta. Soal pengelolaan, kini ditangani Koperasi PKRI Toddopuli. Bertanggung jawab langsung ke Sekda.

“Dulu ada pengembang yang kerja. ASN yang mau ambil rumah langsung kesana. Sekarang ini sudah ditangani koperasi karena pengembang sudah tidak ada. Uang DP rumah itulah kita pake membangun,” ucap Ketua Koperasi PKRI Toddopuli Andi Tambasmi.

Menurutnya, Perumahan ASN itu hanya diperuntukkan untuk pegawai yang belum punya rumah. Tidak ada pendapatan dari perumahan tersebut. Pembangunan juga tidak pakai APBD.

“Tidak boleh kalau bukan PNS. Sertifikat belum keluar masih ada 500 unit. Jadi ada juga pegawai yang cicil rumah sampai sekarang. Koperasi yang lanjut pembangunan dari pada kosong,” ungkap pensiunan pegawai tersebut.

“Tahun 2007 dicanangkan Gubernur Amin Syam. Peletakan batu pertama. 1000 unit PNS Pemprov. Pengembang tahap pertama 480 unit diresmikan pak Syahrul 2010. Setelah peresmian berhenti karena banyak yang klaim selama 5 tahun. Proses hukum selesai dilanjutkan 2016,” pungkasnya.

Comment