Dosen Unibos Bantu Warga Pangkep Tingkatkan Produksi Kerajinan Kayu 

Dosen Unibos Bantu Warga Pangkep Tingkatkan Produksi Kerajinan Kayu 

MAKASSAR, BERITA-SULSEL.COM – Salah satu program pengembangan desa mitra pengabdian masyarakat, Dosen Universitas Bosowa (Unibos) Burhanuddin, Herminawati dan Fauzi gelar pendampingan peningkatan produksi kerajinan kayu di Desa Kassi Loe, Kabupaten Pangkep, Rabu (18/09/2019)

Beberapa kegiatan yang dilakukan dalam peningkatan produksi tersebut termasuk melakukan pendampingan dalam sistem on job training.


Pendampingan dalam peningkatan efektivitas dan efisiensi produksi khususnya biaya pembelian bahan baku atau kayu dan waktur produksi. Selain itu, memberikan pemahaman cara dan strategi bersaing pemasaran produksi mebel baik lokal maupun antar daerah.

“Mitra di Desa Kassi Loe dengan pendampingan ini sekiranya dapat lebih terampil dan terencana dalam proses produksi berdasarkan layout dimana proses waktu serta biaya lebih efisien dan efektif,” Dosen Universitas Bosowa (Unibos) Burhanuddin.

Kata dia, disini UMK mitra juga lebih memahami tentang cara pencatatan dan pembukuan pengeluaran dan pemasukan dana serta mengetahui cara menyusun laporan keuangan.

“Selain itu, kami juga ingin memberi masyarakat agar merasakan manfaat pendampingan seperti adanya perkembangan usaha dimana omzet penjualan mebel zofa meningkat rata-rata 25,20 % setiap bulan dan juga dapat membuka lapangan bagi tenaga kerja lokal dan penambah pendapatan asli daerah dengan membayar pajak usaha,” tambahnya.

Dengan kegiatan ini, target kedepan mitra dapat meningkatkan volume penjualan dengan cara memperbanyak jaringan bisnis baik tingkat lokal maupun dipasarkan ke daerah-daerah seperti ke Sulawesi Barat, Sulawesi Tenggara, Sulwesi Tengah dan juga menyeberang ke NTT.

Comment