DKP Lutra Gelar Pemilihan Duta Pangan dan Petani Milenial

DKP Lutra Gelar Pemilihan Duta Pangan dan Petani Milenial

LUWU UTARA, BERITA-SULSEL.COM – Boleh dikata Luwu Utara menjadi daerah pertama di Sulawesi Selatan yang melaksanakan Hari Pangan Sedunia (HPS) Tingkat Kabupaten.

HPS Tingkat Kabupaten ini adalah yang kedua kalinya sejak 2018 kemarin. Nah, menyambut HPS ke-39, Pemda Lutra melalui Dinas Ketahanan Pangan, bakal menggelar berbagai kegiatan yang menarik.


Beberapa di antaranya adalah Pemilihan Duta Pangan dan Pemilihan Petani Milenial.

“Insya Allah, dua kegiatan ini akan kita laksanakan sebelum pelaksanaan HPS Tingkat Nasiona dilaksanakan di Kendari,” kata Kepala DKP, Alauddin Sukri, saat memimpin Rapat Persiapan HPS, Jumat (20/9/2019), di Ruang Pertemuan Kantor DKP.

Sementara itu, Koordinator Panitia Pemilihan Duta Pangan dan Petani Milenial, Lenny, mengatakan bahwa formulir pendaftaran akan disebar kepada calon peserta untuk diisi guna memastikan keikutsertaannya dalam kegiatan ini.

“Duta Pangan kita peruntukkan bagi peserta pesempuan, sementara petani milenial untuk laki-laki,” katanya.

Untuk kriteria peserta Duta Pangan, Lenny memberikan batasan usia, yakni di kisaran 16 – 25 tahun, dan harus berdomisili di Luwu Utara.

“Kriteria lainnya, peserta harus memiliki wawasan yang baik seputar pangan dan gizi,” terangnya.

Waktu pendaftaran untuk Pemilihan Duta Pangan dimulai pada 23 – 28 September 2019.

Bagaimana dengan Pemilihan Petani Milenial? Ia menyebutkan pesertanya harus laki-laki milenial berusia 20 – 35 tahun, serta berdomisili di Luwu Utara.

“Calon pesertanya harus aktif bertani, komoditi apa saja, serta berwawasan agribisnis,” ucap Lenny.

Sama dengan Pemilihan Duta Pangan, pendaftaran juga dimulai pada 23 – 28 September 2019.

Selain Pemilihan Duta Pangan dan Petani Milenial, panitia kegiatan yang terdiri dari unsur pemerintah, NGO, dan kampus ini, juga akan melaksanakan Lomba Foto view Sagu, dan Festival Kapurung khusus bagi para pelajar SMA dan sederajatnya.

“Semoga empat kegiatan yang akan kita laksanakan ini bisa berlangsung sukses,” pungkasnya. (LH/HMS)

Comment