SMK Negeri 4 Gowa Peringati Hari Kesaktian Pancasila

Penyerahan plakat kepada Kepala UPT SMKN 4 Gowa, Drs Kamaruddin MPd dari Perpusnas RI dan IGI Kanal Sagusaku atas dukungan dan supportnya pada gerakan literasi sekolah. Plakat ini diserahkan pengurus IGI Kabupaten Gowa, Zaenab MSi.

GOWA, BERITA-SULSEL.COM – Sekolah Menengah Kejuruan (SMK) Negeri 4 Kabupaten Gowa memperingati Hari Kesaktian Pancasila, tanggal 1 Oktober 2019.

Kegiatan ini dilaksanakan dengan penuh khidmat keluarga besar SMKN 4 Gowa dengan tema “Pancasila sebagai Dasar Penguatan Karakter Bangsa Menuju Indonesia Maju dan Bahagia”.


Kepala UPT SMKN 4 Gowa, Drs Kamaruddin MPd mengatakan, peringatan Hari Kesaktian Pancasila dilaksanakan dengan cara menggelar
upacara.

“Kegiatan ini dilaksanakan dengan sederhana dan tertib. Disini, kami ingin memberikan pemahaman tentang bagaimana para pahlawan kita membela negara untuk tetap berada dalam kondisi aman. Pancasila tetap sebagai sumber kekuatan moril dan spritual bangsa Indonesia,” ujarnya.

Kamaruddin juga mengajak semua pihak, khususnya guru untuk membimbing membina dan mendidik peserta didik untuk tetap menjaga keutuhan dan keamanan negara.

“Melalui peringatan hari Kesaktian Pancasila ini, mari kita bersama-sama membimbing, membina dan mendidik peserta didik kita untuk tetap menjaga keutuhan dan keamanan negara kita,” ujarnya.

“Tentunya, peserta didik harus terus belajar dan berkarya, mengisi kemerdekaan dengan tetap berlandaskan pada ideologi Pancasila,” tambahnya.

“Ayo, kita eenantiasa menjaga keamanan dan keutuhan lingkungan bersama, tetap bersatu, bergotongroyong untuk menyelesaikan suatu masalah,” terangnya.

Kata dia, tumbuh dan berkembangnya nilai karakter pada diri siswa dengan tetap melaksanakan empat dimensi karakter, yakni olah hati, olah pikir, olah rasa dan olah raga.

Sehingga, peserta didik memiliki kepribadian dan karakter yang baik dalam hidupnya serta mengajarkan nilai-nilai budaya yang merupakan bagian dari karya suatu peradaban.

Upacara Hari Kesaktian Pancasila ditutup dengan penyerahan plakat kepada Kepala UPT SMKN 4 Gowa, Drs Kamaruddin MPd dari Perpusnas RI dan IGI Kanal Sagusaku atas dukungan dan supportnya pada gerakan literasi sekolah. Plakat ini diserahkan pengurus IGI Kabupaten Gowa, Zaenab MSi.

Comment