oleh

Aster Kesdam XIV Hasanuddin Hadiri Rakor Upsus Pajale

-News-66 views

MAKASSAR, BERITA-SULSEL.COM – Asisten Teritorial (Aster) Kasdam XIV Hasanuddin Kolonel Arm Hari Wibowo S.Sos menghadiri Rapat Koordinasi Upaya Khusus (Rakor Upsus) Pajale (Padi, Jagung, Kedelai) bertempat di Hotel M. Regency Makassar, Rabu, (9/10/2019).

Aster menyampaikan tentang kesiapan TNI dalam memberikan pendampingan dan pengawalan guna tercapainya swasembada pangan dan pentingnya koordinasi dan kerja bersama oleh seluruh stakeholder guna tercapainya tujuan yang diharapkan.

“Hasil rapat koordinasi hari ini harus menghasilkan langkah strategis yang menjadi pedoman bersama untuk turun kelapangan hingga tingkat kecamatan maupun desa sembari menyerap aspirasi ditingkat petani” tuturnya.

Demikian pula Kepala Balai Besar Pengkajian dan Pengembangan Teknologi Pertanian (BBP2TP) Kementerian Pertanian (Kementan) RI Dr. Ir. Taufik Ratule M.Si menyampaikan tentang upaya yang harus dilakukan dalam memenuhi target Luas Tambah Tanah (LTT) yaitu bulan Oktober hingga Desember.

Semua akan bekerja di atas target untuk mengejar selisih dengan memfokuskan pada kecamatan-kecamatan yang bisa dibantu dengan pompanisasi, identifikasi kecamatan yang berpotensi dibantu pompanisasi dan hasil identifikasi menjadi dasar turun ke lapangan.

Taufik menambahkan bahwa disamping upaya tersebut perlu introduksi teknologi diantaranya turiman yaitu tumpangsari yang mengkombinasikan tiga tanaman pangan yaitu padi, jagung dan kedelai untuk mengefisienkan lahan, serta optimalisasi pemanfaatan lahan rawa pada kabupaten yang memiliki lahan rawa.

Ditempat yang sama Kepala Dinas Ketahanan Pangan, Tanaman Pangan dan Holtikultura Prov. Sulsel Ir. Fitriani MP dalam sambutannya menyampaikan dan mengapresiasi terhadap seluruh peserta yang telah bekerja maksimal dalam upaya pencapaian swasembada pangan di daerah masing-masing.

“Dengan berbagai kendala yang dihadapi Prov. Sulsel tetap optimis mampu mencapai target yang telah ditentukan, karena dukungan dari personel TNI,” katanya.

Usai pembahasan dalam Rakor dilanjutkan pembagian target kesanggupan untuk menutupi kekurangan LTT -82.725 Ha, tanya jawab dan diskusi.

9c5e1ac2-841b-4700-b2b6-f109e3da7f97

loading...

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

News Feed