Pelindo IV Sosialisasi Tarif Pandu di Perairan Raja Ampat 

Pelindo IV Sosialisasi Tarif Pandu di Perairan Raja Ampat 

MAKASSAR, BERITA-SULSEL.COM – General Manager (GM) PT Pelabuhan Indonesia IV (Persero) Cabang Sorong, Raplin Halid bersama Kepala Kantor Unit Penyelenggara Pelabuhan (UPP) Kelas III Saonek Raja Ampat, Anggiat Pagar Marpaung melakukan sosialisasi terkait pelayanan pemanduan di Perairan Raja Ampat.

Sosialisasi yang berlangsung di Lantai III Kantor PT Pelindo IV Cabang Sorong, Rabu, 8 Oktober 2019 tersebut untuk mendukung terciptanya keselamatan pelayaran di Perairan Raja Ampat.


GM Pelindo IV Cabang Sorong, Raplin Halid menuturkan, pelayanan pemanduan di Raja Ampat memiliki karakteristik berbeda dengan pelayanan pemanduan di pelabuhan umum.

“Jika di pelabuhan umum, petugas Pandu hanya bertugas memandu kapal masuk dan keluar di area pelabuhan. Namun khusus untuk pelayanan di Raja Ampat, petugas Pandu tetap berada di atas kapal selama kapal tersebut berlayar di perairan Raja Ampat walaupun kapal dalam keadaan berlabuh pada saat mengunjungi spot-spot wisata yang ada,” jelasnya.

Kata dia, saat ini kapal-kapal yang berlayar di Raja Ampat menghabiskan waktu kurang lebih 10 hari, sehingga sepanjang waktu tersebut petugas Pandu tetap berada di atas kapal dengan tujuan untuk memandu kapal tetap berada di alur pelayaran yang sudah ditetapkan, sehingga tidak mengganggu dan mengancam ekosistem laut yang ada di Kawasan Raja Ampat.

Berdasarkan kondisi tersebut lanjut Raplin, (Pelindo IV) sebagai penyedia jasa petugas pemandu kapal yang berlayar wilayah Kabupaten Raja Ampat mengenakan tarif jasa pandu sebesar Rp70 juta untuk kapal 500 – 700 GT.

“Tarif Rp70 juta itu untuk kurang lebih 10 hari petugas Pandu tetap berada di atas kapal untuk memandu kapal tetap berada di alur pelayaran yang sudah ditetapkan,” tegasnya.

Pelindo IV akan memberlakukan pemanduan kapal bagi kapal di atas 500 GT yang beroperasi di perairan Kabupaten Raja Ampat, sehingga hal itu disosialisasikan kepada seluruh pengguna jasa yang ada agar diketahui.

Comment