Prodi Sosiologi UNM Lepas Mahasiswa Praktek Kerja di Dinas Sosial Kota Makassar

Prodi Sosiologi UNM Lepas Mahasiswa Praktek Kerja di Dinas Sosial Kota Makassar

MAKASSAR, BERITA-SULSEL.COM – 50 orang mahasiswa dari Prodi Sosiologi, Fakultas Ilmu Sosial (FIS) UNM dilepas dan diserahterimakan ke Dinas Sosial Kota Makassar.

Kegiatan ini berlangsung di Kantor Dinas Sosial Kota Makassar, diantar Ketua Prodi Sosiologi FIS UNM, Idham Irwansyah Idrus didampingi dosen pengampuh mata kuliah, Mario.


Mereka diterima langsung Kepala Dinas Sosial Kota Makassar, Bapak Dr. Mukhtar Tahir, M.Pd, Selasa, 10 Oktober 2019.

Idham Irwansyah mengatakan, kegiatan ini merupakan tindak lanjut dari MoA yang ditandatangani tahun 2018 antara Prodi Sosiologi FIS UNM dengan Dinas Sosial Kota Makassar.

Kata dia, salah satu bentuk kesepakatannya adalah pelaksanaan Praktek Kerja Sosial (PKS) bagi mahasiswa pada Dinsos Kota Makassar.

“Khusus PKS tahun ini, mahasiswa akan melaksanakan kegiatan pendampingan pada kelompok Penyandang Masalah Kesejahteraan Sosial (PMKS) selama lebih kurang 2 bulan,” ujarnya.

Kata Idham, mahasiswa yang telah dibekali ilmu pengetahuan berupa teori-teori sosial, akan turun langsung mendampingi PMKS dengan harapan dapat menerapkan ilmu yang diperoleh dalam mengungkap latar masalah kelompok PMKS.

“Dari kegiatan ini diharapkan dapat menghasilkan karya ilmiah yang dapat digunakan untuk menyelesaikan persoalan PMKS tersebut,” ujarnya.

Sementara itu, Kadis Sosial Kota Makassar, Mukhtar Tahir mengaku menyambut baik pelaksanaan PKS.

Kata dia, kegiatan ini merupakan tahun ke-2 dikakukan. Pihaknya berkerjasama dengan Prodi Sosiologi FIS UNM. Sasaran Praktek yakni kelompok PMKS.

“Saat ini terdapat 26 kelompok yang tergolong PMKS, antara lain Balita terlantar, korban NAPZA, korban bencana, perempuan rawan sosial ekonomi, bahkan sampai Manula terlantar,” ujarnya.

Ia juga berharap pelaksanaan PKS berlangsung dengan baik dan bisa menghasilkan inovasi yang dapat diimplementasikan oleh Dinas Sosial dalam meminimalisir kelompok PMKS di Kota Makassar.

Pada kesempatan ini diserahkan surat izin beserta daftar nama mahasiswa peserta Praktek Kerja Sosial dari Prodi Sosiologi kepada Dinas Sosial Kota Makassar.(*)

Comment