Bumi Perkemahan Cadika akan jadi Miniatur Perkemahan Cibubur

Adnan Purichta Ichsan

Adnan Purichta Ichsan

GOWA, BERITA-SULSEL.COM – Renovasi Bumi Perkemahan Pramuka Cadika yang berlokasi di Kelurahan Pabentengan, Kecamatan Bajeng diharapkan dapatu menjadi miniatur Bumi Perkemahan dan Graha Wisata Pramuka Cibubur.

Hal tersebut diungkapkan Ketua Kwartir Cabang Pramuka Gowa Adnan Purichta Ichsan di sela-sela Rapat Perdana dan Silaturahmi sesama pengurus Kwartir Cabang, di Baruga Tinggi Mae, Rumah Jabatan Bupati Gowa, Sabtu (12/10).


“Kami harap Bumi Perkemahan Cadika kedepannya bisa menjadi tempat yang lebih representatif dalam melaksanakan seluruh program-program Pramuka. Makanya ini menjadi target kita kedepannya,” katanya.

Lanjutnya, target revitalisasi akan dilakukan mulai 2020 mendatang melalui alokasi anggaran pendapatan belanja daerah (APBD) Kabupaten Gowa 2020.

“Bumi Perkemahan Cadika ini menjadi harapan kita semua nantinya, makanya bagaimana kita bisa mengemas ini dengan baik sehingga dapat dilirik oleh-oleh Kwartir-kwartir cabang lain di Sulsel untuk bisa melaksanakan kegiatan kepramukaan,” ujarnya.

Bahkan ini bisa dijadikan lokasi jambore tingkat provinsi. Makannya untuk desain Bumi Perkemahan Cadika ini akan dibuat seperti miniatur Bumi Perkemahan Cibubur.

Ia mengungkapkan, jika Bumi Perkemahan Cadika dapat dikelola secara baik maka kedepan ini akan menjadi pendapatan yang baik. Minimal dapat membiayai seluruh operasionalnya sendiri.

“Kita bisa mengajak seluruh sekolah-sekolah agar melakukan seluruh kegiatan kepramukaannya di Perkemahan Cadika. Makanya harus diaktifkan kegiatan Pramuka di sekolah, apalagi dalam Dana Bantuan Operasional Sekolah (BOS) itu ada dana khusus kepramukaan,” tegas Bupati Gowa ini.

Renovasi Bumi Perkemahan Cadika ini tentunya akan dilakukan secara bertahap dengan melihat kondisi anggaran terlebih dahulu. Sehingga renovasi yang akan dilakukan terlebih dahulu dengan melihat hal-hal prioritasnya.

“Yang paling penting itu adalah renovasi kantor sekretaris, ruangan untuk dilakukan pelatihan ataupun kepanduan dan kamar mandinya,” tutupnya.

Sementara, Sekretaris Kwartir Pramuka Cabang Gowa Syarir Rajab menyampaikan terimakasih atas rencana ketua kwartir dalam mengalokasikan anggaran untuk pembenahan Bumi Perkemahan Cadika Limbung sebagai tempat pendidikan Pramuka yang representatif.

“Rencananya akan dilengkapi dengan sarana-sarana pendidikan yang layak dan mudah-mudahan ini bisa menjadi rujukan tempat pendidikan Pramuka. Jadi selain balai diklat juga lokasi perkemahan,” ungkapnya.(CH)

Comment