Fakultas Sastra UMI Terima Tim Visitasi Akreditasi Prodi

Fakultas Sastra UMI Terima Tim Visitasi Akreditasi Prodi

MAKASSAR, BERITA-SULSEL.COM – Fakultas Sastra Universitas Muslim Indonesia menerima kunjungan Visitasi Akreditasi Program Studi Sastra Arab dalam rangka Asesmen Lapangan oleh Tim Asesor Badan Akreditasi Nasional Perguruan Tinggi (BAN-PT).

Kunjungan yang terdiri atas Dr. Asaril Muhajir, M.Ag. dari IAIN Tulungagung dan Dr. Yayan Nurbayan, M.Ag. dari Universitas Pendidikan Indonesia, Bandung.


Asesmen lapangan ini berlangsung selama tiga hari yakni Kamis-Sabtu, 17-19 Oktober 2019. Kedua asesor diterima di Aula Fakultas Sastra UMI, Jum’at 18 Oktober kemarin.

Wakil Rektor I UMI mewakili Rektor UMI, Dr. Hanafi Ashad, M.T. menjelaskan, bahwa Badan Akreditasi Nasional Perguruan Tinggi (BAN-PT) telah memberikan pengakuan terhadap UMI pada Desember 2018 dengan Akreditasi Unggul ‘A’.

“Tentunya perlu upaya-upaya untuk mempertahankan status sebagai Perguruan Tinggi Unggul. Oleh karena itu, Pimpinan Yayasan dan Universitas senantiasa berupaya untuk memberikan dukungan bagi peningkatan kualitas Fakultas, Program Studi dan unit-unit penunjang di lingkup UMI”, terangnya.

Senada dengan itu, Dekan Fakultas Sastra Universitas Muslim Indonesia, Prof. Dr. M. Basri Dalle, M.Hum. mengungkapkan bahwa Prodi Sastra Arab, Fakultas Sastra UMI merupakan prodi andalan dan menjadi ciri khas UMI.

“Program Studi Sastra Arab ini merupakan prodi yang diandalkan di Fakultas Sastra, salah satunya karena menjadi Prodi tertua dan di awal kemunculannya Prodi ini banyak berkontribusi bagi pengembangan UMI melalui kerjasama dengan mitra di Timur Tengah”, ungkapnya saat ditemui pada Visitasi Akreditasi Prodi. Sastra Arab Fakultas Sastra UMI.

“Mudah-mudahan apa yang dicari oleh tim asesor dapat dijawab dengan baik oleh tim task force Prodi Sastra Arab. Tentu didukung kompetensi dosen-dosennya yang mumpuni di bidangnya dan telah berpengalaman selama puluhan tahun dalam bidang pendidikan, penelitian dan pengabdian kepada masyarakat,” jelas Prof. Basri Dalle.

Mewakili Tim Asesor BAN-PT, Dr. Asaril Muhajir, M.Ag. mengenang bahwa terakhir kali dirinya mengunjungi UMI saat 2014 lalu di Fakultas Agama Islam.

“Alhamdulillah, Allah mempertemukan kembali dengan civitas akademika UMI setelah 5 tahun lalu saya berkunjung ke FAI. Tentu asesmen lapangan ini menuntut kerja profesional dari tim yang telah mempersiapkan segala sesuatunya. Semoga Allah memberi kelancaran dalam proses asesmen lapangan ini,” terangnya.

Merespon pesan asesor, Ketua Prodi. Sastra Arab Fakultas Sastra UMI, Dr. H. Agussalim Beddu Malla, M.A. berterima kasih atas arahan-arahan dari asesor.

“Insya Allah, kami akan memberikan data yang sebenar-benarnya sesuai kondisi terkini. Semoga apa yang telah kami upayakan selama ini diberikan ketentuan terbaik oleh Allah dan penilaian yang baik oleh asesor,” urainya.

Comment