Pemda Luwu Gelar Uji Kompetensi Pejabat Pimpinan Tinggi

LUWU, BERITA-SULSEL.COM – Komisi Aparatur Sipil Negara dalam surat tertanggal 18 Oktober 2019 tentang Rekomendasi Rencana Uji Kompetensi Pejabat Pimpinan Tinggi (PPT) Pratama di Lingkungan Kabupaten Luwu.

Surat tersebut disampaikan, KASN mengucapkan terima kasih atas penyampaian dokumen rencana uji kompetensi terhadap 22 Pejabat Pimpinan Tinggi Pratama.


Kepala Bidang Mutasi BKPSDM Kabupaten Luwu, Ahkam Basmin membenarkan surat dari KASN itu membalas Surat Bupati Luwu Nomor : 800/392BKPSDM/X/2019 tanggal 1 Oktober 2019 perihal Rekomendasi Pelaksanaan Uji Kompetensi untuk keperluan rotasi PPT Pratama di lingkungan Pemerintah Kabupaten Luwu.

Kata Ahkam Basmin, dasar surat tersebut, maka bupati meminta pihaknya di BKPSDM untuk melakukan Uji Kompetensi Pejabat Pimpinan Tinggi yang dimaksud.

“Insya Allah dalam waktu dekat ini dilaksanaka,” ujarnya singkat, Senin (21/10/2019).

Ketua MPC Pemuda Pancasila Kabupaten Luwu ini menambahkan, hasil dari uji kompetensi itulah nantinya menjadi salah satu acuan bagi pimpinan untuk melakukan rotasi jabatan struktural di lingkup Pemerintah Kabupaten Luwu..

“Rotasi yang nanti dilakukan pastilah berbasis regulasi dan kompetensi, sehingga Pejabat Pimpinan Tinggi yang dilantik dalam suatu jabatan telah memenuhi unsur kelayakan dan kepatutan,” ujarnya.

“Pejabat dalam tugasnya akan berkontribusi signifikan dalam pencapaian target kinerja pemerintah daerah,” tambahnya.

Bupati Luwu, Basmin Mattayang menegaskan, pentingnya pejabat pimpinan tinggi harus mampu menunjukkan kinerja yang efektif, efisien, produktif dan profesional, karena tantangan kedepan semakin berat.

Kata dia, tuntutan masyarakat juga semakin beragam. Uji kompetensi ini penting kita laksanakan guna mengetahui kompetensi, komitmen dan loyalitas para pejabat eselon 2 dalam lingkup pemerintah Kabupaten Luwu.

“Saya tidak mau lagi ada kepala OPD yang bingung atau bahkan tidak tahu menjabarkan RPJMD bupati dan wakil,” ujarnya.

“Perubahan harus dilakukan mulai sekarang, untuk menghasilkan kinerja terbaik pada masa mendatang. Ingat, masyarakat makin kritis dengan beragam tuntutan. Hal ini harus kita jawab dengan pelayanan publik yang makin baik,” ujarnya.

Comment