Eksplorasi Potensi Maritim, Prodi Sosiologi UNM Gelar Riset di Bulukumba

MAKASSAR, BERITA-SULSEL.COM – Mengeksplorasi jagat maritim di Kabupaten Bulukumba, Prodi Sosiologi UNM menggelar studi lapangan.

Kaprodi Sosiologi FIS UNM, Idham Irwansyah S.Sos MPd mengatakan, kegiatan ini merupakan serangkaian perjalanan sekaligus riset mahasiswa sosiologi pada mata kuliah sosiologi maritim. Kegiatan riset berlangsung Jumat hingga Ahad, tanggal 1 hingga 3 November 2019.


Kata dia, riset ini menyasar tujuh tema pokok yang menjadi fokus fenomena kemaritiman pada masyarakat nelayan. Tema tersebut terdiri ekologi masyarakat maritim, perubahan struktur dan relasi sosial masayarakat nelayan, manajemen dan industri masyarakat nelayan.

Selain itu, ritual masyarakat masyarakat pembuat perahu, ekowisata masyarakat pesisir, etos kerja komunitas penangkap ikan dan Kontestasi lokalitas dengan tekonologi masyarakat nelayan.

“Hasil penilitian ini akan dilokakaryakan dengan melibatkan pakar untuk mengeksplorasi hasil temuan dilapangan. Penelitian ini sudah dipersiapkan berbulan-bulan dan sudah menjadi program rutin Prodi Sosiologi,” ujarnya.

Ketua Tim Work, Muh Rizky Meysa mengatakan, mahasiswa yang dilibatkan dalam penelitian ini adalah angkatan 2017. Mereka sudah dibekali secara teori sesuai tema dan keterampilan teknis saat berada lapangan.

“Hal-hal yang terkait data dan informan telah diobservasi sebelumnya untuk memudahkan proses pelaksanaan,” tuturnya.

Kegiatan ini ditargetkan bisa memperoleh informasi penting yang bisa dijadikan rujukan dalam kajian sosiologi kemaritiman. Bukan hanya itu namun Prodi Sosiologi berupaya merelase hasil dalam bentuk luaran penelitian baik berupa jurnal maupun publikasi lainnya.

“Dengan kajian yang sistematis, sangat dimungkinkan hasil penelitian melahirkan rekomendasi dalam pengembangan kawasan kemaritiman khususnya di Bulukumba dan Indonesia Timur pada umunya,” ujarnya.

Comment