80 Siswa SMKN 1 Pakue Tengah Kolaka Utara Praktek di Makassar

MAKASSAR,  BERITA-SULSEL.COM –Sekitar 80 siswa SMK Negeri 1 Pakue Tengah, Kolaka Utara,  Sulawesi Tenggara disebar di Kota Makassar. Mereka ditempatkan di berbagai instansi, perusahaan, dan lembaga selama tiga bulan.

Dari 80 siswa tersebut terbagi di lima jurusan yakni otomotif, tata busana. TBSM, TKJ dan pertanian (ATPH).


Bengkel Supra Honda Center di jalan Landak Makassar, salah satu tempat praktek tiga siswa jurusan otomotif.

“Di sini mereka mendapat ilmu, sehingga kami juga terapkan kedisiplinan. Mereka belajar cara mengatasi masalah yang dialami kendaraan (motor,)” kata Novianingsih Paulus, pemilik Supra Honda Center Makassar, Sabtu (16/11/19).

Menurut Kepala Mekanik Supra Honda Center,  Muhammad Azhar SE, semua siswa yang praktek di bengkel itu berjalan baik. Mereka bisa menyerap ilmu dan pengalaman.

Dia berharap, kerjasama antara bengkel Supra Astra Honda bisa tetap terjalin.

“Berikutnya, kalau ada siswi kami siap terima dari SMKN 1 Pakue Tengah, Kolaka Utara, Sultra,” katanya.

Tempat praktek lainnya, Nurul Konveksi Makassar, di Jalan Manuruki 2 Makassar. Ada lima siswi jurusan tata busana praktek di sana.

“Kalau di sini. Mereka semua sudah bisa menjahit. Apa yang mereka pelajari semoga bisa dimanfaatkan,” kata Sabaruddin, Owner Nurul Konveksi Makassar.

Dia menjelaskan mungkin kalau di sekolah siswa mempelajari peraktek. Tetapi di sinilah mereka praktekkan apa yang mereka pelajari di sekolah.

“Di sini mereka mempelajari semua hal tentang jahit menjahit. Saya kira semua sudah bisa. Memang belum ahli. Tapi sudah bisa,” katanya.

Rusni, salah satu siswi praktek mengaku sudah bisa menjahit setelah praktek empat bulan di Nurul Konveksi Makassar. Siap mengaplikasikan kalau sudah kembali nantinya.

“Alhamdulillah, saya sudah bisa menjahit pak,” kata Rusni.

Kepala SMKN 1 Pakue, Kolaka Utara, Sultra, Alimuddin MSi mengucapkan terima kasih kepada manajemen Supra Astra Motor dan pimpinan Nurul Konveksi Makassar.

“Sebagai penanggungjawab, saya meminta maaf jika ada kelakuan atau apa saja yang telah diperbuat siswa yang kurang berkenan. Terima kasih atas semua ilmunya yang diberikan kepada siswa kami,” kata Alimuddin.

Sebelum kembali ke Kolaka. Alimuddin juga mengunjugi dan melihat aktifitas siswanya yang praktek di Pusat Perbelanjaan MTC Karebosi Makassar.

Di MTC Karebosi ada 29 siswa praktek. Tersebar di berbagai toko dan gerai di sana.

“Kami ucapkan terima kasih dan penghargaan yang sebesar-besarnya kepada semua pihak yang telah menerima siswa kami untuk praktek,” katanya.

Dia berharap kepada siswa agar manfaatkan waktu prakte sebaik-baiknya agar bisa menambah lebih banyak ilmu dan keahlian nantinya. (*)

Comment