Program Save Bunda Bisa, IDP Ajak Ibu Hamil Melahirkan Normal

LUWU UTARA,  BERITA-SULSEL. COM – Bupati Luwu Utara, Indah Putri Indriani, membuka kegiatan Kelas Persiapan Persalinan, Sabtu (16/11/2019), di Halaman Rumah Jabatan Bupati.

Kegiatan ini merupakan program Save Bunda Bisa yang dirancang Komunitas Kelas Terindah (KKT) bekerjasama dengan Dinas Kesehatan Kabupaten Luwu Utara.


Di hadapan peserta Kelas Persiapan Persalinan yang notabene para ibu hamil, Bupati Indah Putri Indriani mengatakan, program Save Bunda Bisa adalah salah satu upaya promotif pemerintah di sektor kesehatan. Dan salah satu yang disarankan Bupati adalah bagaimana para ibu hamil ini melahirkan secara normal.

“Melahirkan normal itu akan mengurangi tekanan secara psikis, terutama bagi sang ibu itu sendiri, dan yang tidak kalah pentingnya juga bagi janin atau calon bayi,” kata Bupati Indah Putri Indriani.

Untuk itu, kata dia, para ibu hamil ini kudu mendapatkan dukungan dari keluarga agar bisa melahirkan secara normal.

Ia menambahkan, persalinan normal sangat berkaitan erat dengan kualitas kehidupan ibu dan bayi itu sendiri.

“Allah menciptakan kita sempurna, dan bayi lahir tentu melalui jalannya. Jadi biarkan dia keluar melalui jalannya, bukan jalan yang lain,” kata Indah.

Ia pun tak lupa memberikan apresiasi terhadap kegiatan ini.

“Saya mengapresiasi ini, karena kita juga ikut membantu pemerintah dalam upaya mengurangi beban, karena biaya persalinan normal itu tidak sebesar dengan persalinan sectio caesarae. Sekali lagi, saya berharap kepada kita semua, para ibu hamil, untuk bisa melahirkan secara normal dan lancar,” pungkasnya. (LH/HMS)

Comment