oleh

Peringatan HJG ke-699 jadi Momentum Kenang Jasa Para Pahlawan

-Daerah-143 views

GOWA,  BERITA-SULSEL. COM – Ziarah makam pahlawan menjadi rangkaian rutin tahunan dalam memperingati Hari Jadi Gowa (HJG). Pada perayaannya ke-699 Tahun ini ada tiga makam yang di ziarahi yakni Makam Sultan Hasanuddin, Makam Syekh Yusuf, dan Makam Karaeng Pattingalloang.

Khusus untuk ziarah ke Makam Karaeng Pattingalloang untuk pertama kalinya dilakukan setelah diakui Indonesia usai menerima Bintang Budaya Parama Dharma dari Presiden Republik Indonesia, Joko Widodo, Agustus 2019 lalu.

Bupati Gowa Adnan Purichtan Ichsan terlibat sebagai pimpinan ziarah. Serta turut hadir Wakil Bupati Gowa H. Abd. Rauf Malaganni, Sekretaris Kabupaten Gowa H. Muchlis, seluruh Pimpinan Forkopimda Gowa dan para pimpinan SKPD lingkup Pemkab Gowa.

Pada ziarah makam tersebut lokasi yang pertama dikunjungi yakni Makam Sultan Hasanuddin dengan sebelumnya memberikan penghormatan kepada arwah pahlawan kemudian dilanjutkan prosesi tabur bunga ke beberapa makam.

Antara lain, Makam Sultan Hasanuddin Mallobassi Daeng Mattawang, Sombangta I Mannuntungi Daeng Mattola, Sombangta I Manngaranggi Daeng Manrabia, dan Karaengta I Mallingkaang Daeng Mannjonri.

Untuk lokasi ziarah kedua dilakukan di Makam Syekh Yusuf, kemudian lokasi ketiga berakhir di Makam Karaeng Pattingalloang.

Bupati Adnan mengatakan, ziarah makam tersebut merupakan rutinitas pemerintah daerah sebagai bentuk penghargaan kepada para pahlawan yang berjuang untuk bisa memerdekakan wilayah Kabupaten Gowa dari para penjajah.

Apalagi diketahui dua diantaranya merupakan pahlawan nasional yang telah diakui negara yakni Sultan Hasanuddin dan Syekh Yusuf, sementara Karaeng Pattingalloang telah mendapatkan tanda kehormatan dari negara sebagai tokoh kebudayaan.

“Makanya dalam momentum HJG setiap tahunnya kami melakukan ziarah makam untuk mengenang perjuangan-perjuangan para pahlawan kita. Utamanya ketiga pahlawan kita ini yang berasal dari Kabupaten Gowa,” katanya usai melakukan ziarah makam di Kompleks Makam Sultan Hasanuddin, Sabtu (16/11).

Dirinya pun berharap, agar masyarakat hingga generasi di masa-masa akan datang tidak melupakan para pejuangnya serta selalu mengimplementasikan nilai-nilai perjuangan dalam kehidupannya sehari-hari.

Pada peringatan HJG ke-699 Tahun mengambil tema “Dengan Semangat Hari Jadi Gowa ke-699, Kita Bangun Karakter Budaya Lokal Dalam Memantapkan Kinerja Pemerintahan dan Laju Pembangunan”.

Puncak perayaan HJG ke-699 Tahun akan dipusatkan di Halaman Parkir Gowa Discovery Park, Kawasan Benteng Somba Opu, Kecamatan Barombong, Minggu (17/11) besok.

Sementara dalam mengisi peringatan HJG tahun ini dihelat berbagai kegiatan. Di antaranya, Pemilihan Taurungka dan Taulolo Gowa 2019, Gowa Youth Cup, tennis meja, trail run dan beberapa kegiatan lainnya.

Selain itu juga digelar Tabligh Akbar bersama Ustadz Adi Hidayat, Orasi Bupati Gowa pada Rapat Paripurna HJG, termasuk kunjungan ke Taman Makam Pahlawan Kabupaten Gowa yang digelar hari ini. (CH)

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

News Feed