oleh

Bibit Jagung Bantuan Bermasalah, Ketua Gempita Bone “Sudah Saya Duga”

-Daerah-171 views

BONE, BERITA-SULSEL.COM — Sejak awal memprediksi munculnya masalah terkait bibit jagung bantuan dan terbukti dengan penyitaan 142 karung bibit jagung bantuan Bisi 18, Ketua Gempita Bone, A Muh Zaidil, angkat bicara dan menjelaskan runut permasalahan yang sering terjadi di lapangan.

Melalui telepon seluler, Selasa (3/12/19) malam, Zaidil menjelaskan bahwa diawal program memang ada 2 varietas yang di SK kan, yakni Pioneer dan nk 212 dengan jumlah CPCL mencapai 15 ribu kelompok. Secara struktural, 2 lembaga yang di SK kan tersebut tetap dibawah naungan Gempita.

“Setelah 2 tahun berjalan, varietas pioneer sama nk dijadikan satu saja varietas, nah inimi bisi 18. Lalu masuklah ini pemuda tani bone, sepengetahuan saya namanya Randi, cuma dari awal saya tutup ruang karena saya tidak tahu kapabilitasnya,” ujarnya.

“Mulailah ada keluhan dibawah kalau bantuan yang sampai dikurangi, cuma awalnya tidak ada yang sampaikan karena petani pikir saya yang perintahkan, padahal bukan” jelas Zaidil.

Meski demikian, Zaidil juga tidak mengetahui siapa sebenarnya oknum yang bermain-main dengan jatah bantuan bibit untuk petani. Zaidil berharap polisi bisa menuntaskan kasus ini agar ketahuan bibit jagung yang disita tersebut darimana dan akan dibawa kemana.

“Mudah-mudahan polisi bisa telusuri ini supaya kita tahu juga siapa yang selalu bikin masalah dibawah karena selama ini saya yang selalu jadi tertuduh, cuma saya sudah jelaskan juga sama pak kadis” tambahnya.

Program Gempita menurut Zaidil adalah program positif yang sangat bermanfaat dan membantu banyak orang, terutama petani di desa.

Namun, jika dimanfaatkan oleh oknum yang tidak bertanggungjawab, Zaidil khawatir Menteri Pertanian yang baru, Syahrul Yasin Limpo, menyoroti Bone karena adanya kasus ini. (eka)

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

News Feed