oleh

Calon Walikota Makassar, Andi Mustaman; Ayo Bijak Gunakan Plastik Sekali Pakai

-Politik-328 views

MAKASSAR, BERITA-SULSEL.COM – Isu lingkungan terus diwacanakan oleh Calon Walikota Makassar, Andi MUstaman. Kali ini, Aman akronim Andi Mustaman kembali mengajak masyarakat kota Makassar untuk mengurangi penggunaan plastik.

Kepada berita-sulsel.com, Aman mengatakan, salah satu cara menjaga kondisi lingkungan adalah dengan mengurangi penggunaan plastik sekali pakai dalam kehidupan sehari-sehari.

Kata Aman, menurut penelitian yang dilakukan Jenna R. Jambeck dari University of Georgia, Amerika Serikat, setiap tahunnya Indonesia menghasilkan 3,22 juta ton sampah plastik. Sekitar 0,48-1,29 juta ton dari sampah plastik tersebut diduga mencemari lautan.

“Dengan ini Indonesia menempati posisi kedua penyumbang sampah plastik terbesar dibawah Cina diurutan pertama dan Filipina urutan ketiga,” ujar Aman, Kamis, (5/12/2019) di Media Center AMAN for Makassar.

Tokoh Pendidikan Sulawesi Selatan ini mengatakan, peranan kita sebagai orang yang sadar harus terus mengingatkan kepada masyarakat. Tidak perlu melihat background apapun dia, yang terpenting bagaimana bisa membangun kesadaran sejak dalam diri.

“Mulai dulu dari diri masing-masing. Kalu kita sudah sadar maka bergegaslah mengajak orang-orang disekekeliling kita bahkan kalau perlu wacanakan persoalan ini ke organisasi yang kita geluti atau sosial media pribadi kita agar semakin banyak yang mengetahui dampaknya,” ujarnya.

Ketua Yayasan Bhakti Bumi Persada yang membina Sekolah Tinggi Ilmu Ekonomi (STIE) Wira Bhakti Bakti Makassar ini menuturkan, banyak cara yang dapat dilakukan, salah satu contohnya penggunaan kantong kresek digantikan dengan totebag atau tumbler pengganti minuman botol sekali pakai.

Selain ramah lingkungan, bahan seperti itu juga penggunaanya tidak hanya sekali pakai.

“Gerakan ini sudah banyak dilakukan anak muda kita di Makassar. Tapi kalau bisa kita meluaskan wacana ini hingga ke pelosok desa agar semua elemen masyarakat mendapatkan edukasi juga dengan hal seperti ini,” ujarnya.

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

News Feed