Rotasi dan Perubahan Strategi Bikin Garuda Select Ciamik

BERITA-SULSEL.COM – Tim Garuda Select angkatan kedua kian menunjukkan kualitas terbaiknya. Kemenangan 4-0 yang diraih atas Burton Albion pada Selasa (3/12) membuktikan kerja keras tim asuhan Dennis Wise dan Des Walker ini semakin terlihat hasilnya.

Sebagai gambaran, beberapa hari setelah kedatangan di Inggris, Alfriyanto Nico dkk. sempat bertanding melawan tim yang sama, Burton Albion. Hasilnya ketika itu adalah sama kuat 2-2.


Hanya dua bulan berselang setelah menjalani berbagai program latihan, Garuda Select mempu men- cukur tim yang sama dengan skor 4-0. Alfriyanto Nico mencetak dua gol, dan dua gol lainnya dicip- takan oleh Arsa Ahmad dan Muhammad Rafli Asrul. Pekan lalu, Garuda Select juga berhasil meraih ke- menangan yakni atas Gillingham 1-0.

Jadi, harus diakui grafik dan kualitas permainan Garuda Select memang kian meningkat. Dennis Wise pun mengakui peningkatan tim Garuda Select kali ini sangat menakjubkan. Pada pertandingan melawan Burton Albiuojn, Wise bahkan merotasi pemain dengan menurunkan beberapa pemain yang sebelumnya tidak termasuk ke dalam starting XI seperti Muhammad Ilham, Muhammad Alfin Bahrani, dan Arsa Ramadan Ahmad, tetapi hasilnya tetap memuaskan. Mereka pun tampil baik dan turut men- gantar Garuda Select untuk pertama kalinya bisa menang telak.

Dalam setiap kesempatan, Dennis Wise selalu menegaskan bahwa para pemainnya harus bisa bermain sebagai satu kesatuan, terutama di lini bertahan. Pada dua pertandingan terakhir, terbukti sektor per- tahanan Garuda Select tampil sangat baik dan bahkan tidak kemasukan. Mantan legenda Chelsea dan tim nasional Inggris itu juga menyebut timnya harus bisa bermain dalam berbagai strategi dan itu dit- erapkannya saat menundukkan Burton Albion.

Dennis Wise, melihat perkembangan yang sangat dratis di tim Garuda Select angkatan kedua. Permainan dan pemahanam para pemain dalam menjalankan strategi permainan bai,m saat menyerang maupun ketika bertahan jauh membaik diband- ing ketika para pemain baru tiba di Inggris.

Dennis berharap per- mainan tim akan lebih terorganisir dan pengertian yang lebih baik lagi dalam bermain. Ia melihat anak- anak sudah berkembang dan ingin timnya kembali bisa mendapat hasil yang lebih baik.

“Match ini juga menjadi kesempatan untuk memainkan pemain yang kurang mendapat waktu bermain, karena ini penting juga untuk mereka mendapatkan jam bermain. Apalagi starting 11 sudah banyak mendapatkan waktu bermain,” ucap mantan legenda klub Chelsea dan tim nasional Inggris itu.

Dennis senang melihat mereka berkembang selama dua bulan ini, terutama ketika melawan Gilingham di babak pertama. Namun, di babak kedua ia melihat permainan agak mengendur dan menurutnya se- harusnya tdak seperti itu.

“Babak pertama adalah permainan terbaik mereka sejauh ini, apalagi lawan yang dihadapinya adalah lawan yang mengalahkan tim Garuda Select tahun lalu.”

Pekan lalu Garuda Select meraih kemenangan 1-0 atas Gillingham FC, Selasa (26/11). Sebelum per- tandingan itu, Dennis Wise pun menyatakan bahwa Garuda Select angkatan kedua mengalami pen- ingkatan yang menakjubkan.

“Selama beberapa bulan mereka di sini, saya melihat peningkatan yang sangat menakjubkan. Memang ada beberapa di antara mereka yang masih terlihat gugup. Tetapi saya melihat sendiri bagaimana mereka berjuang sangat keras untuk beradaptasi terhadap berbagai hal di sini. Itu penting untuk men- capai level yang diinginkan,” ucap Dennis Wise

Di babak pertama Garuda Select bermain dengan satu striker yakni Arsa dan di babak kedua dilakukan perubahan strategi dengan menurunkan duet Nico dan Arsa. “Dengan dua striker hasilnya bisa terus menyerang dan akhirnya mencetak gol. Kerjanya lebih enak dan bisa menyerang dengan banyak pe- main,” ucap Arsa setelah pertandingan.

Comment