oleh

Prodi Sosiologi FIS UNM Gelar Seminar Jagad Maritim

-Pendidikan-367 views

MAKASSAR, BERITA-SULSEL.COM – Prodi Sosiologi Fakultas Ilmu Sosial Universitas Negeri Makassar (UNM) menggelar seminar “Jagad maritim dalam semesta sosiologi”.

Kegiatan yang merangkum tujuh hasil riset kemaritiman ini dilaksanakan di Ballroom Gedung Phinisi UNM, Selasa, 10 Desember 2019. Kegiatan ini dibuka Dekan Fakultas Ilmu Sosial yang diwakili Dr. Najamuddin, M.Hum.

Ketua Prodi Sosiologi FIS UNM, Idham Irwansyah, S.Sos.,M.Pd mengatakan, seminar ini inisiasi Prodi Sosiologi untuk terus menghidupkan iklim akademik dilingkungan kampus.

Kata dia, seminar sosiologi maritim tak berlangsung satu arah, mahasiswa sebelumnya telah melakukan riset dalam kelompok kecil. Mereka berkesempatan memaparkan hasilnya dihadapan seluruh mahasiswa Prodi Sosiologi FIS UNM.

Dalam semninar ini, ada tujuh masalah yang dipaparkan sebagai hasil temuan. Pertama soal etos kerja masyarakat maritim. Lalu kesadaran ekologi serta ritual komunitas pembuat perahu dan ekowisata.

Selain itu, ada juga pengembangan masyarakat maritim, solidaritas nelayan serta kontestasi pengetahuan lokal dan dalam jagad maritim.

“Dari tujuh hasil riset yang dipaparkan akan dipublikasi dalam bentuk artikel dalam waktu dekat. Versi fisiknya bisa diproleh pada Prodi Sosiolgi dalam bentuk laporan penelitian,” ujarnya.

Kata dia, hasil riset ini akan terus diperbaharui dengan kegiatan riset selanjutnya pada kegiatan kuliah lapang sosiologi maritim yang akan datang.

Sementara itu, Ketua Program S3 Antropologi Unhas, Dr. Ansar Arifin M.Si yang hadir sebagai pembicara memaparkan jagad maritim dalam perspektif sosial – kultural.

Kata dia, satu diantaranya yang cukup menarik dalam temuannya, tidak ada satupun program pemerintah yang bisa menembus dan menggoyahkan struktur sosial nelayan dalam bentuk patron – klien.

Padahal, jelas Ansar, sistem bagi hasil dalam patron klien adalah sebab kelanggenan kemiskinan yang melanda semua sawi yang bekerja sebagai nelayan. (*)

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

News Feed