oleh

Wabup dan Dandim 1409 Gowa Tanam Pohon di Hari Juang TNI AD

-Daerah-186 views

GOWA, BERITA-SULSEL.COM – Wakil Bupati Gowa, Abd Rauf Malaganni bersama Dandim 1409 Gowa, Letkol Arh Muh Syuaib melakukan penanaman Pohon dalam rangka memperingati Hari Juang TNI Angkatan Darat (AD) dan Hari Jadi Gowa ke-699 Tahun 2019.

Penanaman ini berlangsung di Arburetum Kayuara Salapang, Kelurahan Bontoparang Kecamatan Parangloe, Selasa (10/12) yang turut pula dihadiri jajaran Forkopimda, Kepala SKPD Gowa serta jajaran TNI AD.

Dikesempatan ini, Abd Rauf mengatakan bahwa hutan menjadi salah satu sumber daya penting dan vital dalam pembangunan dan keberlangsungan hidup bangsa kita. Untuk itu perlu senantiasa dijaga, dipelihara dan dikendalikan pemanfaatannya.

” Fungsi hutan sangat penting sebagai paru paru dunia, sumber ekonomi, habitat flora dan fauna, pengendali bencana, tempat penyimpanan air, dan untuk mengurangi polusi serta pencemaran udara. Oleh sebab itu, pentingnya peranan hutan bagi kehidupan yang ada di dalamnya, maka sepatutnya kita menjaga dan melestarikan hutan tersebut,” kata Rauf.

Saat ini, kita dihadapkan pada kenyataan bahwa lingkungan hidup telah rusak. Pencemaran udara mengakibatkan langit diatas kita kurang cerah karena penuh dengan gas polusi. Sementara lahan disekitar kita sering terlihat gersang sehingga pada musim hujan kita mengalami bencana banjir. Sebaliknya pada musim kemarau kita mengalami kekeringan.

” Ini berbahaya, ini harus kita hentikan untuk masa depan bumi, untuk masa depan generasi muda. Karena yang kita miliki tidak boleh dianggap milik nenek moyang, tetapi adalah sesuatu yang kita pinjam dari generasi yang akan datang,” pungkasnya.

Lanjut, kegiatan Penanaman dan pemeliharaan pohon yang dilaksanakan hari ini, dilandasi dengan kesadaran untuk melakukan rehabilitasi hutan dan lahan serta perbaikan lingkungan.

Untuk itu, ia sangat mengapresiasi dan mengucapkan terima kasih dan penghargaan yang setinggi tingginya kepada Komandan Kodam 1409 Hasanuddin beserta jajarannya yang telah memprakarsai kegiatan ini.

” Melestarikan alam dengan cara menanam pohon pun merupakan aksi bela negara, dimana setiap warga negara memiliki kewajiban yang sama dalam masalah pembelaan negara. Ini adalah wujud kecintaan seorang warga negara pada tanah air,” ungkap Kr Kio sapaan akrab Wabup Gowa.

Dirinya pun berharap agar giat yang dilaksanakan hari ini dijadikan momentum untuk lebih menghargai serta menjaga kelestarian hutan dan mempererat tali silaturahmi antara TNI dan Pemerintah Daerah Kabupaten Gowa dan sebagai wujud Kemanu ggalan TNI dan Rakyat.

Sementara, Dandim 1409 Gowa, Letkol Arh Muh Syuaib mengatakan bahwa kegiatan ini adalah tahap awal yang dilakukan oleh jajaran TNI AD bersama stakeholder terkait
dalam rangka menjaga kelestarian lingkungan alam.

Pasalnya, saat ini dimusim kemarau hampir setiap hari pihaknya menerima laporan terkait kebakaran hutan .

” Jadi setiap hari ada beberapa titik hutan di Kabupaten Gowa terjadi kebakaran. Olehnya itu untuk mencegah dan mengambalikan fungsi lahan maka kegiatan penanaman pohon hari ini terlaksana,” ungkapnya.

Adapun jumlah pohon yang akan ditanam hari ini sebanyak 3000 hingga 4000 ribu pohon dari berbagai jenis. Selanjutnya pihaknya akan mensurvei lagi wilayah-wilayah hutan yang sudah gundul untuk dilakukan kegiatan yang sama. (CH)

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

News Feed