oleh

Hari Nusantara, Andi Mustaman; Mari Rawat Bhinneka Tunggal Ika

-Politik-114 views

MAKASSAR, BERITA-SULSEL.COM – Calon Walikota Makassar, Andi Mustaman mengucapkan selamat hari nusantara yang jatuh pada hari ini, Jumat (13/12/2019).

Dalam peringatan hari Nusantara ini, Aman akronim Andi Mustaman mengajak kepada seluruh masyarakat terkhusus di Makassar untuk menjaga dan merawat asas Bhinneka Tunggal Ika sebagai semboyan bangsa.

Kata dia, tepat 13 Desember 1957 lalu, Perdana Mentri Ir. Djoeanda mendeklarasikan bahwa Republik Indonesia memiliki kedaulatan penuh atas perairan antar pulau.

Dengan konsep archipelagic states dari deklarasi itu akhirnya masuk ke dalam United Nations Convention on the Law Of the Sea (UNCLOS) 1982 yang mengakui konsep Negara Kepulauan.

“Para founding father telah mencetuskan konsep persatuan negara kepulauan yang juga ditanamkan dalam diri masyarakat Indonesia. Tugas kita adalah menjaga dan merawat keanekaragaman itu atas dasar Bhinneka Tunggal Ika,” ujar Aman.

Mantan Legislator Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Sulawesi Selatan dua periode ini menganggap, salah satu cara untuk merawat Bhinneka Tunggal Ika adalah dengan menciptakan lingkungan yang toleran disetiap sendi kehidupan.

“Mari dimulai dengan diri sendiri. Perkataan selalu meminta bukti dari perlakuan. Terus jadi patron ditengah-tengah masyarakat. Walaupun itu dalam hal kecil sekalipun,” ungkapnya.

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

News Feed