Selamatkan Perempuan Makassar, Aliyah Mustika Ilham : Hati-hati, Banyak Kosmetik Palsu

MAKASSAR, BERITA-SULSEL.COM – Anggota Komisi IX DPR RI, Aliyah Mustika Ilham terus menyuarakan penyelamatan kaum perempuan dari penggunaan obat tradisional, suplemen kesehatan dan kosmetik palsu.

Mewujudkan hal itu, Aliyah menggandeng Badan Pengawas Obat dan Kosmetik (BPOM) menggelar sosialisasi penggunaan suplemen kesehatan dan kosmetik yang baik dan aman.


Sosialisasi yang digelar di Hotel Asyra, Jumat (13/12/2019) guna memastikan masyarakat Makassar terbebas dari penggunaan obat dan kosmetik yang tidak aman.

“Melindungi perempuan Makassar dari mengkonsumsi obat, makanan dan komestik yang tidak aman, sehingga penting bagi mereka untuk memiliki pengetahuan mengenali obat, makanan, dan kosmetik yang aman,” ujarnya.

Kata dia, langkah awal untuk melindungi Perempuan Makassar yakni memberikan pemahaman yang tepat, sehingga ilmu yang diterima dalam dimanfaatkan bukan hanya untuk melindungi diri sendiri, tetapi turut berperan dalam melindungi keluarganya.

Dalam sosialisasi kali ini menghadirkan narasumber dari BPOM Pusat, dr Rina Adriany, Apt, M.Si, serta Kasubag Evaluasi dan Pelaporan Balai Besar POM Makassar, A. Amirah Nilawati

“Beberapa hal yang perlu diperhatikan sebelum membeli obat, maupun makanan dan kosmetik, seperti surat izin BPOM, dan tanggal kadaluarsa,” ujar dr Rina.

Kata dia, hal ini dikarenakan BPOM memiliki tugas dan tanggung jawab untuk memastikan bahwa produk yang beredar aman untuk digunakan.

“Tugas BPOM yakni memastikan bahwa produk sebelum beredar diperiksa dulu oleh BPOM, layak tidaknya untuk diedarkan, jika layak akan diberikan nomer izin edar, dan kemudian akan terus dilakukan pengawasan,” terangnya.

Comment