Maju Pilwali Makassar, Andi Mustaman Bawa Program Revitalisasi Pasar Tradisional

MAKASSAR, BERITA-SULSEL.COM – Pembangunan infrastruktur merupakan salah satu fokus Calon Wali Kota Makassar, Andi Mustaman.

Menuju Pemilihan Wali Kota (Pilwali) 2020 mendatang, dalam pembangunan infrastruktur ini, Andi Mustaman membawa program revitalisasi pasar tradisional.


Mantan anggota Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Provinsi Sulawesi Selatan dua periode itu mengatakan, kedepan seluruh pasar tradisonal akan direnovasi demi kenyamanan masyarakat.

“Pasar tradisonal seharusnya bisa menjadi tempat trsansaksi yang nyaman bagi penjual dan pembeli. Jadi ini telah menjadi program kita,” ujarnya saat ditemui di Media Cemnter Aman for Makassar, Rabu (25/12/2019).

Tokoh Pendidikan Sulsel ini mengatakan, ada 4 prinsip dalam revitalisasi pasar, pertama adalah revitalisasi fisik yang meliputi perbaikan dan peningkatan kualitas dan kondisi bangunan, tata hijau, sistem penghubung, sistem tanda/reklame dan ruang terbuka kawasan.

Kedua revitaliasi manajemen. Pasar harus mampu membangun manajemen pengelolaan pasar yang mengatur secara jelas aspek-aspek seperti: hak dan kewajiban pedagang, tata cara penempatan, pembiayaan, fasilitas-fasilitas yang harus tersedia di pasar, standar operasional prosedur pelayanan pasar.

Ketiga revitalisasi ekonomi. Perbaikan fisik kawasan yang bersifat jangka pendek, untuk mengakomodasi kegiatan ekonomi informal dan formal

Terakhir, revitalisasi Sosial. Menciptakan lingkungan yang menarik dan berdampak positif serta dapat meningkatkan dinamika dan kehidupan sosial masyarakat.

“Tentunya prinsip ini lahir atas pengamatan yang kami lakukan. Kemarin juga saya sendiri sudah melakukan peninjauan langsung ke sejumlah pasar tradisonal,” ungkapnya.

Comment