Cegah Kondisi Terburuk di Musim Hujan, Adnan Bentuk Tiga Titik Posko Siaga

Adnan Purichta Ichsan

GOWA, BERITA-SULSEL.COM -Mengantisipasi kondisi terburuk di musim hujan mendatang, Bupati Gowa Adnan Purichta Ichsan langsung membentuk tiga posko siaga yang tersebar di Kabupaten Gowa yakni titik pertama di Depan Kantor Damkar, titik kedua di Kecamatan Tinggimoncong, dan titik ketiga di Kecamatan Bungaya.

” Ketiga titik ini akan muda menjangkau kecamatan lain karena terletak ditengah-tengah Kabupaten Gowa. Nantinya akan distanbykan peralatan kebencanaan seperti alat berat, perahu banjir, sarana dan prasarana lainnya termasuk porsenil,” jelasnya, di Gedung PKK Kabupaten Gowa, Senin (30/12).


Selain itu, untuk melancarkan pembentukan posko tersebut, Adnan melibatkan empat SKPD langsung, yakni Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD), Dinas Pemadam Kebakaran (Damkar), Dinas Lingkungan Hidup dan Dinas PU, ditambah melibatkan PMI, Pramuka dan Tagana.

“Kita libatkan semua komponen yang memiliki perhatian soal kebencanaan,” katanya.

Terkait hal itu, Kepala Dinas Pemadam Kebakaran, Rustam Razak mengaku akan segera menindaklanjuti arahan tersebut, selain belajar dari pengalaman lalu juga menyingkapi kondisi cuaca yang tak menentu.

” Posko ini tujuannya untuk mempercepat proses pelayanan apabila ada informasi terkait kebencanaan dan yang terpenting dari posko itu ada porsenil dan alat komunikasi, serta bagaimana membentuk jaringan dengan masyarakat,” jelasnya.

Kendati demikian, terlebih dahulu dirinya bersama SKPD lain akan melakukan rapat untuk membicarakan segala keperluan dari pembentukan posko dan sarana prasarana yang dibutuhkan.

” Kami diberi waktu paling lambat kamis atau jumat posko sudah terbentuk, sehingga mungkin hari ini kita akan rapat bersama BPBD, DLH, dan PU, pastinya nantinya masing-masing porsenil dari SKPD ini akan bergantian menjaga, dan kami meminta perwakilan kecamatan,desa/lurah ikut stanby yag mengetahui kondisi daerahnya,” jelas Rustam.

Ia berharap, melalui adanya oembentukan posko siaga nanti bisa mengantisipasi terjadinya hal buruk saat banjir dan selalu siap siaga dalam keadaan apapun.

Comment