oleh

Didatangi Ketua Satgas Dana Desa, Ratusan Kades di Bone “Kabur”

-Daerah-1.133 views

BONE, BERITA-SULSEL.COM — Memasuki 2020, Assosiasi Pemerintahan Desa Seluruh Indonesia (APDeSI) Sulsel, gelar Rapat Koordinasi (Rakor) dan Evaluasi akhir tahun di Hotel Helios Bone, Senin (30/12/19) pagi.

Rakor yang digelar sejak Ahad (29/12/19) kemarin, menghadirkan Ketua Satgas Dana Desa yang merupakan mantan pimpinan KPK, Bibit Samad Rianto. Sayangnya di hari pertama, Rakor hanya dihadiri oleh 9 Kepala Desa.

Baca Juga : Korupsi PAUD, Polisi Kembali Panggil Saksi Keterlibatan Istri Wabup Bone

Bibit sendiri menyayangkan hal tersebut, mengingat dirinya tak selalu punya waktu untuk menyempatkan diri berkunjung ke Bone, bahkan kehadirannya kali ini Bibit berencana mengunjungi salah satu desa untuk dijadikan desa percontohan, namun batal karena harus balik ke Jakarta.

“Mereka gak datang mungkin Apdesinya gak bener atau kepala desanya yang gak bener, atau mungkin PMDnya juga gak aktif, padahal panitianya sudah bagus” ungkapnya.

Baca Juga : RTRW Tambang di Bone Direvisi, Warga Desa Boleh Menambang

Menurut Bibit, tidak ada hal yang harus ditakutkan oleh para kepala desa kecuali jika mereka memang punya niat yang tidak baik.

“Kepala desa itu harus punya dua hal, harus paham aturan dan harus punya tujuan yang baik, bukan cari keuntungan pribadi” tegasnya.

Bibit berharap masyarakat ikut mengawasi penggunaan Dana Desa dan bisa melapor langsung kepada Satgas Desa jika ada Kades yang menyalahgunakan dana desanya. Kualitas Dinas PMD dan Inspektorat juga dibutuhkan karena DD digelontorkan dalam jumlah banyak dan menggiurkan banyak pihak.

“Ini dana desa kayak durian runtuh, tiba-tiba dapat uang banyak dan presiden dari awal memerintahkan langsung kerja, tidak ada pelatihan dulu, kalau diawal ya mungkin mereka belum tahu aturan tapi kalau sekarang mereka belum tahu, wah sikat aja” kata Bibit.

Peranan media, kata Bibit sangat penting untuk menyajikan fakta di lapangan,  walaupun tidak dipungkiri ada pula wartawan “bebal”, yang menurut Bibit adalah penyakit moral dimana seseorang selalu mengambil kesempatan untuk kepentingan dan keuntungan pribadinya. (eka)

Video Pembukaan Musda KNPI Sulsel

 

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

News Feed