Universitas Bosowa Launching Sekolah Sampah, Pertama di Makassar

MAKASSAR, BERITA-SULSEL.COM – Inovasi terus dikembangkan Universitas Bosowa Makassar tanpa henti dan selalu memberdayakan masyarakat sekitar. Sebagai bentuk kepeduliannya, Universitas ini kembali meluncurkan sekolah sampah.

Sampah yang dinilai sebagai momok yang sangat sering meresahkan sebagian besar masyarakat ini disulapnya menjadi sesuatu berdaya guna. Walau sebenarnya, kesemrawutan sampah terkadang karena ulahnya sendiri.


Untuk mewujudkan hal tersebut, CEO Bosowa Foundation Melinda Aksa senantiasa mendukung program zero waste dengan melibatkan mahasiswa Universitas Bosowa sebagai pendamping masyarakat.

“Salah satu proyek yang saat ini dikembangkan yakni Bosowa sustainable project sebagai upaya yang dilakukan menjaga lingkungan menjadi lebih baik,” katanya, Minggu (12/1/2020).

Mendasar dari hal tersebut, Bosowa sustainable project diharapkan Melinda Aksa agar tak hanya menjadi proyek yang hanya dikerjakan sekali saja, namun itu akan berkelanjutan,” tambahnya.

Melakukan dan mengaplikasikannya beber Melinda sangat membutuhkan edukasi mendalam bagi masyarakat.

Sementara itu, Rektor Universitas Bosowa, Muh Saleh Pallu mengatakan, program sekolah sampah ini tepat sasaran. Wilayah yang dipilihnya pun sangatlah pas yakni di kecamatan Manggala kota Makassar.

“Manggala terkenal sebagai tempatnya sampah karena memang TPA nya kota Makassar, justru itu merupakan lokasi yang pas untuk sekolah sampah ini yang akan mengubah pola pikir masyarakat menjadikan sampah berdaya guna juga sumber penghasilan,” ujarnya.

Untuk mewujudkan tujuan dari sekolah sampah tersebut, diakui Saleh Pallu akan dimulainya dari edukasi di usia dini yakni di sekolah-sekolah sekitar wilayah kecamatan Manggala ini.

“Memperkenalkan juga mengedukasi masyarakat apa itu sekolah sampah, akan dilakukan mahasiswa Unibos yang saat ini tengah melaksanakan KKN di wilayah ini,” katanya.

Comment