Indonesia-Perancis Perkuat Kerja Sama Alutsista dan Industri Pertahanan

PARIS, BERITA-SULSEL.COM – Peringatan hubungan diplomatik Indonesia dan Perancis yang telah terjalin selama 70 tahun ditandai dengan kunjungan tingkat tinggi pertama Menteri Pertahanan (Menhan) RI Prabowo Subianto ke Paris, Perancis.

Sebagai mitra strategis, hubungan kedua negara telah berjalan dengan baik dan membuka peluang besar untuk meningkatkan kerja sama pertahanan.


Saat menginjakkan kaki di Kantor Kemhan Perancis, Senin (13/1/2020), Menhan Prabowo disambut dengan Upacara Penghormatan Militer oleh Menhan Perancis Florence Parly.

Dalam pertemuan tersebut, kedua Menhan membahas upaya untuk mempererat kerja sama pertahanan kedua negara, di antaranya upaya untuk memperkuat sistem alutsista TNI dan memajukan industri pertahanan nasional.

Sebagai upaya memperkuat kerja sama pertahanan dalam bidang industri pertahanan, Menhan Prabowo berkesempatan melakukan serangkaian pertemuan dengan sejumlah perusahaan industri Perancis.

Kepada pelaku industri pertahanan Perancis, Menhan Prabowo berharap akan terjalin kerja sama dalam mengekselerasi kemajuan industri pertahanan di Indonesia serta penguatan sistem alutsista TNI melalui transfer teknologi, peningkatan penggunaan kandungan lokal, dan peningkatan kapasitas SDM.

Di samping itu, Menhan Prabowo juga berharap kedua negara dapat berkolaborasi untuk menjadikan Indonesia sebagai bagian dari kunci produksi global dalam produk alutsista.

Comment