Gempa Bumi Tektonik M 4.3 Guncang Kabupaten Selayar, tidak Berpotensi Tsunami

MAKASSAR, BERITA-SULSEL.COM – Kamis, 16 Januari 2020, pukul 16:35:23 WITA, wilayah Kabupaten Selayar, Sulawesi Selatan diguncang gempabumi tektonik.

Kepala BBMKG Wilayah IV Makassar, Darmawan, S.Si, M.Si mengatakan, hasil analisis BMKG menunjukkan gempabumi ini berkekuatan M=4.3. Episenter gempabumi terletak pada koordinat 5.71 LS dan 120.61 BT, atau tepatnya berlokasi di laut pada jarak 23 Km Tenggara Kecamtan Bontomatene, Kabupaten Selayar, Sulawesi Selatan pada kedalaman 10 km.


Kata dia, memperhatikan lokasi dan kedalaman hiposenter, tampak gempabumi ini termasuk dalam klasifikasi gempabumi dangkal akibat aktivitas sesar Selayar yang berdekatan dengan pusat episenter.

“Berdasarkan laporan masyarakat, gempabumi ini dirasakan di Benteng II-III MMI dan Bulukumba II MMI. Hasil pemodelan menunjukkan bahwa gempabumi tidak berpotensi Tsunami,” ujarnya.

“Kepada masyarakat dihimbau agar tetap tenang dan terus mengikuti informasi BMKG serta tidak terpengaruh oleh isu yang tidak dapat dipertanggungjawabkan kebenarannya,” ujarnya.

Pastikan informasi resmi hanya bersumber dari BMKG yang disebarkan melalui kanal komunikasi resmi yang telah terverifikasi (Instagram/Twitter @infoBMKG), website (www.bmkg.go.id), atau melalui Mobile Apps (iOS dan Android @infobmkg). (*)

Comment