oleh

KNPI Sulsel Bangun Kolaborasi dengan Penggiat Literasi

-News-165 views

MAKASSAR, BERITA-SULSEL.COM – Komite Nasional Pemuda Indonesia (KNPI) adalah organisasi kepemudaan. Organisasi ini adalah wadah berhimpunnya kaum muda, termasuk didalamnya pengembangan potensi pemuda yang bergerak dalam bidang literasi.

Hal ini disampaikan Sekretaris KNPI Sulsel, Andi Surahman Batara saat menjadi pembicara dalam diskusi terbuka “Makassar Bersastra” di Nipa Mall, Minggu, 19 Januari 2020.

Kegiatan yang dilaksanakan Pecandu Aksara ini menghadirkan empat pembicara lain yakni Mantan Walikota Makassar, Syamsu Rizal,
Ketua PP IKA Ponpes Darul Aman Gombara, Ibnu Kuddama dan Duta Baca Sulsel Rezky Amalia Syafiin.

Surahman mengatakan, sebagai organisasi pemuda, KNPI Sulsel melakukan kolaborasi dengan semua potensi yang ada. Termasuk bergerak dalam dunia literasi.

“Musyawarah Daerah (Musda) KNPI Sulsel XV yang dihelat 26 sampai 27 Desember lalu, kami telah melakukan terobosan baru dengan menerapkan sistem online. Proses pendaftaran peserta Musda harus mendaftar melalui online dengan menggunakan sistem barcode,” ujarnya.

“Ini kali pertama di Indonesia dan menjadi sejarah baru, KNPI semakin maju sekarang mengikuti perkembangan zaman. Apalagi eranya industri 4.0,” tambahnya.

Hal ini sejalan dengan budaya literasi, jelas Surahman. Sebab, saat ini literasi sangat diperlukan untuk kemajuan sebuah bangsa.

“Sebuah negara dapat dilihat maju atau tidaknya melalui budaya literasinya. Untuk itu, KNPI mengajak semua pihak bersama mengembangkan literasi digital,” terangnya.

Mantan Ketua Umum Badko HMI Sulselbar ini menjelaskan, KNPI Sulsel akan melakukan kolaborasi dengan komunitas yang fokus dalam bidang literasi.

“Saya sangat mengapresiasi Makassar Bersastra ini, pokoknya keren sekali,” tutup Andi Surahman Batara yang mewakili Ketua KNPI Sulsel, Abdi Muh Arham Basmin. (*)

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

News Feed