JICA Pilih Gowa Lokasi Latihan Peringatan Dini

GOWA,  BERITA-SULSEL.COM – Kabupaten Gowa terpilih sebagai lokus kegiatan latihan peringatan dini dan evakuasi banjir Sungai Jeneberang yang diselenggarakan oleh JICA Expert on comperhenship Disaster Risk Reduction.

Kepala Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kab Gowa, Ihsan Parawangsa menjelaskan kegiatan ini pertama di Indonesia.


” JICA memilih Kabupeten Gowa sebagai lokasi pertama di Indoneaia diadakannya kegiatan latihan peringatan dini. Sebelumnya belum pernah ada kegiatan seperti ini,” jelas Ihsan di sela-sela rapat persiapan di Kantor BPBD Prov Sulsel, Selasa (21/1/2020)

” Selama ini kita melakukan simulasi untuk evakuasi korban bencana. Latihan Peringatan dini sebenarnya bertujuan untuk memibimalisir jumlah korban terutama korban jiwa. Karema berfokus bagaimana mengevakuasi masyarakat sejak awal atau kata lain sejak ada deteksi dini. Sehingga kedepan JICA mengharapkan Gowa menjadi pilot project,” tambahnya.

Simulasi akan berlangsung Rabu pagi (22/1) di Kelurahan Pangkabinanga Kecamatan Pallangga. Lokasi ini dipilih karena tahun lalu banjir dari Sungai Jeneberang terbesar berada di lokasi.

Kegiatan ini merupakan proyek kerjasama JICA bersama BNPB, Kementrian PUPR dan konsultan CTI Engineering International Japan.

Serta melibatkan beberapa elemen didalamnya seperti BMKG, Balai Besar Wilayah Sungai (BBWS) Jeneberamg hingga masyarakat yang berada dilokasi sekitar (*)

Comment