Kades Pabbetengang Didemo Warganya Akibat Berhetikan Aparat Desanya Secara Sepihak

GOWA, BERITA-SULSEL.COM – Ratusan warga dari Desa Pabbentengang Kecamatan Bajeng yang tergabung dalam Forum Masyarakat Tertindas (Forum-Master) menggelar aksi unjuk rasa ke kantor Camat Bajeng, Selasa (28/1/2020).

Aksi unjuk rasa yang dipimpin oleh Asri Paewa di depan kantor Camat Bajeng ini menyita perhatian dari warga setempat maupun para pengguna jalan yang melintas di jalan Poros Gowa-Takalar. Aksi ini juga mendapat pengawalan ketat dari aparat kepolisian.


Dalam aksi itu, para pengunjuk rasa mengecam tindakan Kepala Desa (Kades) Pabbentengang yang menggant sejumlah aparat desa setempat secara sepihak.

Tindakan kades yang dinilai sewenang-wenang itulah yang kemudian menjadi pemicu warga menggelar aksi unjuk rasa.

“Tindakan Kades Pabbetengang ini jelas-jelas melanggar koridor undang-undang yang ada,’ tegaa Asri Paewa.

Massa dari Forum-Master mendesak Kades Pabbetengang untuk mengembalikan semua perangkat desa yang telah diberhentikan ataupun dipindahkan sebelum adanya perekrutan kembali perangkat desa sesuai aturan main yang ada.

Selain itu, Asri juga dalam orasinya menuntut Kades Pabbetengang memberikan pernyataan permohonan maaf kepada semua perangkat desa yang telah diberhentikan maupun dipindahkan yang tidak sesuai prosedur seperti yang termuat dalam undang-undang.

“Kita juga menuntut Kades Pabbetengang untuk segera mencabut surat keputusan secara menyeluruh terkait pemberhentian dan pemindahan perangkat desa yang telah ditetapkan dalam penjaringan dan atau seleksi sesuai aturan yang ada,” tegas Asri.

Sementara itu, Camat Bajeng, Nasrun berjanji akan segera menindaklanjuti tuntutan warga ini dengan melaporkan ke instansi terkait termasuk ke Bupati Gowa.

Bahkan Camat Bajeng memastikan bahwa dalam waktu yang relatif singkat surat keputusan Kades Pabbetengang yang memberhentikan ataupun memindahkan perangkat desanya akan dianulir alias dibatalkan. (an).

Comment