Tumbuhkan Kesiapsiagaan Bencana, BPBD Lutra Simulasi Bencana di Sekolah TK dan TPA

LUWU UTARA, BERITA-SULSEL.COM – Kepedulian Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Luwu Utara untuk menumbuhkan budaya sadar bencana terus digalakkan dengan mengedukasi masyarakat akan pentingnya pengetahuan melindungi diri dari dampak bencana jika terjadi.

Seperti yang dilakukan di beberapa sekolah Taman Kanak-kanak (TK) dan Taman Pengajian Alqur’an (TPA), di Kecamatan Sabbang, Kamis (13/2/2020).


“Disasarnya anak-anak usia pra sekolah adalah salah satu upaya kita dalam membangun dan menumbuhkan kesiapsiagaan terhadap bencana,” kata Kepala Pelaksana (Kalaksa) BPBD Kabupaten Luwu Utara, Muslim Muhtar.

Apalagi, kata dia, Luwu Utara adalah salah satu daerah yang rentan terhadap bencana, seperti banjir, longsor, dan angin puting beliung, bahkan gempa bumi.

“Kita juga bahkan sampai ke Taman Bermain,” katanya.

Salah satu sekolah yang dikunjungi adalah TK Pembina Kelurahan Marobo Kecamatan Sabbang yang dipimpin Kepala Bidang Pencegahan dan Kesiapsiagaan, Irwan, Kamis (13/2/2020).

“Alhamdulillah, antusiasme para bocah TK begitu tinggi karena kita mengedukasi mereka dengan metode bermain. Suasana lebih hidup, sehingga memudahkan kita dalam memberikan pesan-pesan kebencanaan kepada para bocah TK ini,” terangnya.

Ia menambahkan, pihaknya akan terus berupaya menumbuhkan budaya sadar bencana kepada seluruh siswa dari berbagai tingkatan sekolah.

“Ini penting kita lakukan agar mereka mampu mengenali potensi, dampak dan upaya perlindungan bencana yang bisa terjadi di sekitar mereka,” ujarnya.

Tak hanya itu, BPBD juga mengedukasi melalui berbagai media informasi, media sosial, serta forum-forum yang melibatkan masyarakat. (LH)

Comment