oleh

Wujudkan Kepedulian Lingkungan, Civitas Akademika Unibos Terapkan Green Campus

MAKASSAR, BERITA-SULSEL.COM – Universitas Bosowa (Unibos) terapkan konsep Green Campus. Konsep ini sebagai bentuk penerapan Eco-Office bagi atmosfer civitas akademika dan kepedulian kampus terhadap lingkungan.

Penerapan Green Campus ditandai dengan digelarnya sosialisasi konsep ini dihadapan seluruh jajaran mulai dari Pimpinan, Dosen hingga kalangan karyawan Unibos yang berlangsung di Balai Sidang 45, Jalan Urip Sumoharjo, Senin (24/2/2020).

Rektor Unibos, Prof. Dr. Ir. Muhammad Saleh Pallu, M.Eng, mengatakan, sebelumnya telah ada program yang dilaunching dan juga sudah berjalan yakni Bosowa Sustainable Project.

Program ini berupa sekolah sampah, Makassar memilah sampah yang berfokus pada perubahan mindset masyarakat luar agar dapat lebih memperhatikan persoalan lingkungan.

“Kali ini kita akan berfokus mengubah mindset para akademik di Unibos dengan program green campus. Tujuannya, mengedukasi civitas akademika tentang penanganan sampah di kampus, juga memberi contoh kepada perguruan tinggi lain terkait pengelolaan lingkungan kampus,” ujarnya.

Sementara itu, Chief Executive Officer (CEO) Bosowa Education, Melinda Aksa yang juga turut hadir dalam sosialisasi ini berharap agar Unibos dapat sukses sebagai pioner penerapan Green Campus.

“Sehingga, saya percaya Unibos dapat membuat perubahan dengan memberikan solusi yang inovatif dalam menangani sampah kedepannya. Juga memberi kontribusi dengan banyak ide-ide dalam menyelesaikan masalah lingkungan di kota Makassar,” ungkapnya.

Melinda Aksa juga menginginkan agar civitas akademika Unibos dapat menanamkan bahwa sesuatu hal hanya akan membawa perubahan jika dimulai dari kita.

“Kita sudah berkomitmen di masyarakat tentang pengelolaan sampah, sekarang kita berkomitmen pada instansi internal kita untuk menjadi contoh bagi mereka,” tuturnya.

Dilain hal, Ketua Bosowa Sustainable Project, Algazali yang juga selaku Dosen Fakultas Teknik (FT) Unibos memaparkan sejumlah program Green Campus.

Program tersebut seperti, pemasangan biopori dalam lingkup kampus, pengajadan pembuatan komposter, penanaman pohon dan tanaman dalam ruang. Selain itu, ada pemilahan sampah organik dan non organik serta daur ulang limbah plastik

“Termasuk penerapan konsep bebas plastik dengan komitmen setiap civitas akademika mulai dari Pimpinan, Dosen, Karyawan hingga Mahasiswa, membawa tumblr minum masing-masing dan akan mencanangkan konsep bike to work,” imbuhnya.

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

News Feed